Menjadi Tempat Ular Untuk Bersarang, Ini Dia 4 Jenis Pohon Yang Sering Menjadi Sarang Ular

Menjadi Tempat Ular Untuk Bersarang, Ini Dia 4 Jenis Pohon Yang Sering Menjadi Sarang Ular

jenis pohon yang menjadi sarang ular-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Ular menjadi salah satu hewan reptil yang ditakuti oleh banyak orang, hewan ini seringkali ditemukan di berbagai tempat atau pemukiman yang tidak jaduh dari rumah penduduk.

Dilansir dari kementerian kesehatan saat ini, Indonesia memiliki 350 sampai 370 spesies ular dimana 77 jenis diantaranya adalah berbisa. Angka insiden setiap tahun diperkirakan sekitar 135.000 kasus berdasarkan laporan sepanjang 10 tahun terakhir yang dilakukan oleh Indonesia Toxinology Society dengan angka kematian 10% per tahun.

Data tersebut di atas masih belum bisa menggambarkan keadaan yang sebenarnya karenahanya berdasarkan laporan dari para klinisi di lapangan yaitu dari Rumah Sakit dan Puskesmas sertadari masyarakat dan belum dikumpulkan secara resmi oleh Kementerian Kesehatan (Maharani, 2021). 

Beberapa ular menyukai pohon atau tanaman sebagai tempat berlindung dan juga sarang, ada beberapa jenis pohon yang seringkali menjadi sarang ular, entah itu ular berkamuflase di atas pohon dan dahan dan juga di lubang bawah untuk bertelur.

BACA JUGA:Waspada! 5 Tanaman Ini Bisa Mengundang Ular Masuk Rumah

BACA JUGA:Sangat Ampuh! Ternyata Begini Cara Mencegah Ular Kobra Masuk Rumah, Wajib Coba

Berikut 4 Jenis Pohon Yang Sering Menjadi Sarang Ular

1.Pohon kapas

Pohon kapas disebut juga pohon poplar, merupakan pohon besar dengan batang kokoh dan cabang lebat. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Wildlife Management” tahun 2017, pohon kapuk kerap menjadi habitat ular, terutama di hutan tropis.

Sarang yang terbuat dari daun tebal dan batang berlubang menyediakan tempat yang aman bagi ular untuk bersembunyi dan bertelur.

2.Pohon pepaya

Penelitian yang dilakukan peneliti di “Journal of Tropical Ecology” tahun 2016 menunjukkan bahwa pohon pepaya juga sering dijadikan sarang beberapa jenis ular, terutama di daerah tropis dan subtropis.

Daunnya yang lebar dan dahan pohon pepaya yang lebat menjadi tempat yang baik bagi ular untuk bersembunyi dan bertelur.

Selain itu, pepaya yang sudah matang juga dapat menarik perhatian berbagai jenis burung dan mamalia, yang kemudian menjadi mangsa ular yang bersembunyi di pohon pepaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: