Dapat Mencegah Tikus Masuk Ke Dalam Rumah, Berikut 6 Bau Alami Yang Tidak Disukai Tikus

Dapat Mencegah Tikus Masuk Ke Dalam Rumah, Berikut 6 Bau Alami Yang Tidak Disukai Tikus

bau alami yang tidak disukai tikus-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Sebagai salah satu jenis hewan pengerat tikus adalah salah satu hewan yang keberadaanya dianggap hama oleh banyak orang.

Dilansir dari situs resmi kementerian kesehatan tikus bisa menjadi lebih dari sekadar gangguan rumah tangga. Mereka bisa menjadi harapan penyakit yang serius, menyelinap di tempat-tempat yang kurang terlihat, dan membawa risiko kesehatan masyarakat. 

Aktivitas tikus biasanya bertujuan untuk mencari makan, minum, orientasi, dan mencari pasangan, selain itu tikus tidak hanya ditemukan di saluran air sawah atau kebun, ada banyak jenis tikus yang menghuni rumah.

Ada banyak cara mencegah tikus masuk ke dalam rumah, salah satunya menggunakan bau alami yang tidak disukai tikus.

BACA JUGA:Baunya Buat Tikus Tidak Nyaman, Ini Dia 7 Bau Yang Tidak Disukai Tikus

Berikut 6 Bau Alami Yang Tidak Disukai Tikus

1.Bau kayu cedar

Kayu cedar mempunyai aroma yang khas dan tidak disukai tikus. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal “PLOS ONE” oleh Reginald J. Chasteen dan Virginia L. Handley pada tahun 2017 menemukan bahwa tikus menghindari area yang berbau cedar. Anda bisa menggunakan serutan kayu cedar yang diletakkan di sekitar rumah atau produk yang mengandung kayu cedar untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah Anda.

2.Bau lada hitam

Bau lada hitam yang kuat dan menyengat juga tidak menyenangkan bagi tikus. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal "Pest Management Science" oleh K. K. Kapoor pada tahun 2018 menunjukkan bahwa lada hitam memiliki efek pengusir hewan pengerat yang signifikan.

Anda bisa menggunakan bubuk lada hitam di sudut-sudut rumah atau mencampurkan lada hitam dengan air dan menyemprotkannya ke sekeliling rumah untuk mencegah masuknya tikus.

BACA JUGA:Hewan Pengerat yang Suka Merusak, 5 Alasan Kenapa Tikus Dianggap Sebagai Hama

3.Bau cuka

Cuka mempunyai bau asam dan menyengat yang tidak disukai tikus. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal "Pest Management Science" oleh Dvorak J dan Hrda J pada tahun 2015 menunjukkan bahwa cuka efektif mengusir tikus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: