5 Jenis Bau yang Tidak Disukai Tikus, Cocok untuk Menyingkirkan Tikus dari Dalam Rumah

5 Jenis Bau yang Tidak Disukai Tikus, Cocok untuk Menyingkirkan Tikus dari Dalam Rumah

jenis bau yang tidak disukai tikus untuk mengusir tikus dari rumah-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Tikus adalah hama yang sering menjadi masalah di berbagai tempat, baik itu di rumah, kantor, maupun gudang.

Untuk mengusir tikus tanpa menggunakan racun atau perangkap, salah satu cara yang efektif adalah dengan memanfaatkan bau yang tidak disukai oleh tikus.

Berikut adalah lima jenis bau yang tidak disukai tikus dan dapat membantu Anda menyingkirkan tikus dari rumah Anda.

1. Bau Peppermint

Peppermint adalah salah satu bau yang paling tidak disukai oleh tikus. Minyak esensial peppermint mengandung senyawa menthol yang sangat kuat dan dapat mengganggu indera penciuman tikus.

Cara penggunaannya cukup mudah: teteskan beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas dan letakkan di area yang sering dilalui tikus.

BACA JUGA:Rumor Terbaru Seputar iPhone 16, Mulai dari Perubahan Desain Hingga Peningkatan Kualitas Kamera

Contohnya seperti di dekat lubang tikus, sudut ruangan, atau di sekitar dapur. Selain mengusir tikus, bau peppermint juga memberikan aroma segar di ruangan.

2. Bau Cengkeh

Cengkeh memiliki aroma kuat yang juga tidak disukai oleh tikus. Minyak esensial cengkeh dapat digunakan dengan cara yang sama seperti peppermint.

Alternatif lain, Anda bisa menggunakan biji cengkeh utuh dan menempatkannya di kantong kecil yang kemudian diletakkan di area rawan tikus. Cengkeh juga dikenal memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu menjaga kebersihan area sekitarnya.

3. Bau Ammonia

Ammonia memiliki bau yang sangat menyengat dan mirip dengan bau urin predator alami tikus, sehingga tikus cenderung menghindarinya.

BACA JUGA:Ini Dia 3 Jenis Burung Hantu yang Dapat Dipelihara Sebagai Pembasmi Tikus di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: