Ternyata Ini yang Menyebabkan Tikus Dapat Bersarang dan Berkembang Biak di Rumah Kita

Ternyata Ini yang Menyebabkan Tikus Dapat Bersarang dan Berkembang Biak di Rumah Kita

faktor penyebab tikus bisa bersarang dan berkembang biak di rumah-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Tikus merupakan salah satu hama yang sering menjadi masalah di berbagai rumah. Kehadiran Tikus tidak hanya mengganggu, tetapi juga dapat membawa penyakit dan merusak properti.

Ada beberapa faktor utama yang menyebabkan tikus dapat bersarang dan berkembang biak di rumah, antara lain.

1. Ketersediaan Makanan

Tikus adalah hewan oportunis yang akan memanfaatkan segala jenis makanan yang tersedia di sekitar mereka. Sisa makanan, remah-remah, atau makanan yang disimpan dengan tidak benar menjadi sumber daya utama bagi tikus.

Mereka bisa mengendus makanan dari jarak jauh dan akan tertarik untuk masuk ke rumah yang menyediakan makanan berlimpah.

BACA JUGA:5 Cara Mengusir Tikus Pakai Kapur Barus atau Kamper yang Bisa Ditiru agar Efeknya Maskimal

2. Akses Masuk yang Mudah

Rumah dengan celah, lubang, atau retakan pada dinding, lantai, atau atap memberi tikus jalur mudah untuk masuk. Bahkan lubang yang kecil bisa menjadi akses bagi tikus, karena mereka memiliki kemampuan untuk meremas tubuhnya melalui ruang yang sangat sempit.

3. Lingkungan yang Hangat dan Nyaman

Tikus mencari tempat yang hangat dan nyaman untuk bersarang. Rumah yang memiliki banyak tempat tersembunyi seperti loteng, ruang bawah tanah, atau gudang yang jarang dibersihkan menjadi lokasi favorit untuk membuat sarang.

Selain itu, bahan-bahan seperti kertas, kain, dan kardus yang tersedia di rumah dapat digunakan oleh tikus untuk membangun sarangnya.

4. Kebersihan yang Kurang Terjaga

Rumah yang jarang dibersihkan atau memiliki banyak barang yang tidak teratur memberikan banyak tempat bagi tikus untuk bersembunyi dan bersarang.

BACA JUGA:Kecelakaan di Desa Puncak Kuningan, Wanita Asal Sukoharjo Gagal Ngerem, Meninggal Tabrak Tembok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: