Segera Tanam! Berikut 5 Tanaman Hias Pencegah Ular Masuk Ke Dalam Rumah

Segera Tanam! Berikut 5 Tanaman Hias Pencegah Ular Masuk Ke Dalam Rumah

tanaman hias pencegah ular-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Semua orang pastinya sudah mengetahui dan setuju bahwa ular adalah salah satu hewan yang berbahaya.

Menurut kementerian kesehatan, Indonesia memiliki 350 sampai 370 spesies ular dimana 77 jenisdiantaranya adalah berbisa.

Angka insiden setiap tahun diperkirakan sekitar 135.000 kasus berdasarkan laporan sepanjang 10 tahun terakhir yang dilakukan oleh Indonesia Toxinology Society dengan angka kematian 10% per tahun.

Ada berbagai solusi untuk atasi ular, salah satunya dengan menanam tanaman hias pencegah ular masuk ke dalam rumah.

BACA JUGA:Disukai Ular, Berikut 5 Tanaman Hias Pemicu Ular Bersarang di Dalamnya

BACA JUGA:Rupanya Disukai Ular! Berikut 6 Jenis Tanaman Yang Disukai Ular Sebagai Tempat Bersarang

Berikut 5 Tanaman Hias Pencegah Ular Masuk Ke Dalam Rumah

1.Serai

Serai, atau lebih dikenal sebagai lemongrass, adalah tanaman yang sering digunakan dalam masakan Asia Tenggara. Namun, serai juga dikenal memiliki sifat pengusir ular yang efektif. Penelitian menunjukkan bahwa serai mengandung minyak atsiri yang kuat, seperti citral dan geraniol, yang tidak disukai oleh ular.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Natural Products, minyak esensial serai memiliki efek repellen terhadap beberapa jenis reptil, termasuk ular. Menanam serai di sekitar rumah, terutama di dekat pintu masuk atau area yang sering dilalui ular, dapat membantu mencegah ular mendekat.

2.Marigold

Bunga marigold dikenal dengan warna-warninya yang cerah dan kemampuannya mengusir serangga. Selain itu, marigold juga dapat membantu mencegah ular. Tanaman ini mengandung piretrin, senyawa alami yang digunakan sebagai insektisida dan dikenal memiliki efek repellen terhadap ular.

Penelitian dalam jurnal HortScience menyebutkan bahwa akar dan bunga marigold mengeluarkan senyawa yang tidak disukai oleh ular. Menanam marigold di sekitar rumah, terutama di taman dan sepanjang pagar, dapat membantu menghalangi ular masuk ke dalam rumah.

BACA JUGA:Ternyata Inilah Alasannya Kenapa Ada Ular yang Suka Masuk ke Dalam Rumah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: