Ini Jenis Tikus yang Sering Masuk dan Berkeliaran di Rumah, Ada yang Dapat Memberikan Penyakit Mematikan!

Ini Jenis Tikus yang Sering Masuk dan Berkeliaran di Rumah, Ada yang Dapat Memberikan Penyakit Mematikan!

jenis tikus yang sering ada di rumah-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang paling sering ditemui di sekitar rumah.

Mereka dikenal sebagai penyebar penyakit dan perusak makanan, sehingga keberadaan tikus di dalam rumah dapat menjadi masalah serius.

Berikut adalah beberapa jenis tikus yang sering berkeliaran di sekitar rumah dan beberapa cara efektif untuk mengatasinya.

1. Tikus Rumah (Mus musculus)

Tikus rumah adalah jenis tikus kecil yang paling umum ditemukan di dalam rumah. Mereka memiliki tubuh yang kecil, biasanya berwarna abu-abu atau coklat muda, dan telinga yang besar. Tikus ini sangat adaptif dan dapat hidup di berbagai lingkungan.

BACA JUGA:Ampuh! 10 Cara Efektif Mengusir Tikus dan Curut dari Rumah, Simak Penjelasannya

Cara Mengatasinya: Tikus tertarik pada sisa makanan dan kotoran. Pastikan rumah selalu bersih, terutama di dapur dan ruang makan. Membersihkan tumpahan makanan dan membuang sampah secara teratur sangat penting.

Menyapu dan mengepel lantai setiap hari juga dapat membantu mengurangi daya tarik rumah bagi tikus. Tikus rumah dapat masuk melalui celah sekecil 0,6 cm.

Periksa seluruh rumah untuk mencari celah dan lubang di dinding, lantai, dan langit-langit. Gunakan bahan seperti kawat kasa atau semen untuk menutup celah tersebut, sehingga tikus tidak dapat masuk ke dalam rumah.

Perangkap tikus tradisional atau perangkap lem bisa sangat efektif untuk menangkap tikus rumah. Letakkan perangkap di tempat-tempat yang sering dilewati tikus, seperti di sepanjang dinding atau di sudut-sudut gelap.

Periksa perangkap secara teratur dan jika ada tikus yang tertangkap, buang tikus yang tertangkap itu dengan hati-hati dan jauh dari pemukiman, untuk menghindari datangnya ular.

BACA JUGA:Ini Dia Alasan Mengapa Tikus Masuk Ke Dalam Kap Mobil, Sangat Berbahaya Jika Dibiarkan.

2. Tikus Got (Rattus norvegicus)

Tikus got, atau tikus norwegia, adalah jenis tikus besar yang sering ditemukan di saluran air, gorong-gorong, dan area sekitar rumah yang lembap. Mereka berwarna coklat tua dengan perut lebih terang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: