Tips Ampuh Cara Membedakan iPhone Refurbish dengan iPhone Baru

Tips Ampuh Cara Membedakan iPhone Refurbish dengan iPhone Baru

Tips Ampuh Cara Membedakan iPhone Refurbish dengan iPhone Baru-foto via [email protected]

RADARKUNINGAN.COM - Membeli iPhone, terutama yang bukan dari toko resmi, memerlukan kehati-hatian ekstra untuk memastikan Anda mendapatkan perangkat yang sesuai dengan harapan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah membedakan antara iPhone baru dan iPhone refurbish. Berikut adalah tips membedakan iphone refurbish dengan iphone.

Penjelasan tentang iPhone refurbish

iPhone refurbish adalah perangkat yang sebelumnya sudah dimiliki dan kemudian dikembalikan ke Apple karena berbagai alasan, seperti kerusakan atau tukar tambah.

Apple akan memeriksa, memperbaiki, dan mengganti bagian yang rusak sebelum menjualnya kembali sebagai perangkat refurbish.

BACA JUGA:Wajib Punya! Berikut 5 Aksesoris iPhone yang Wajib Dimiliki, Agar Performanya Maksimal dan Tahan Lama!

Proses ini melibatkan pengecekan kualitas yang ketat untuk memastikan iPhone tersebut berfungsi seperti baru. Ada dua jenis iPhone refurbish:

  1. Refurbish oleh Apple: Ini disebut juga Certified Pre-Owned (CPO). iPhone ini diperbaiki oleh Apple dan dijual kembali dengan garansi resmi Apple, kotak kemasan baru, dan biasanya label "Certified Pre-Owned".
  2. Refurbish oleh Pihak Ketiga: iPhone ini diperbaiki oleh toko atau distributor independen. Kualitas dan garansinya tidak sebaik refurbish resmi dari Apple dan sering kali menggunakan suku cadang yang tidak asli.

Nomor Model

Langkah pertama untuk membedakan iPhone baru dan refurbish adalah dengan memeriksa nomor model. Berikut adalah cara melakukannya:

BACA JUGA:Cara Ampuh dan Lengkap Dalam Membedakan iPhone Asli dengan iPhone HDC

  1. Buka Settings (Pengaturan) di iPhone Anda.
  2. Masuk ke General (Umum), lalu pilih About (Tentang).
  3. Periksa nomor model yang tertera. Nomor model ini diawali dengan huruf yang menunjukkan status perangkat:
    • M: Menandakan iPhone baru.
    • F: Menandakan iPhone refurbish dari Apple.
    • N: Menandakan unit pengganti dari Apple.
    • P: Menandakan unit yang dipersonalisasi.

Kondisi Fisik dan Kelengkapan

Selain nomor model, Anda juga dapat membedakan iPhone baru dan refurbish melalui kondisi fisik dan kelengkapannya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

BACA JUGA:Dari iPhone X hingga 13 Pro: Rekomendasi iPhone yang Masih Worth It di Tahun 2024

  • iPhone Baru: Biasanya tidak memiliki bekas pemakaian atau cacat fisik. Kemasan iPhone baru adalah standar dan dilengkapi dengan aksesoris lengkap.
  • iPhone Refurbish dari Apple: Umumnya juga tidak memiliki cacat fisik, dan datang dalam kemasan putih polos atau berlabel “Certified Pre-Owned”. Perangkat ini melalui proses pengecekan dan perbaikan standar Apple.
  • iPhone Rekondisi dari Pihak Ketiga: Mungkin memiliki tanda-tanda penggunaan atau cacat fisik. Kualitasnya bisa bervariasi tergantung pada pihak yang merekondisi perangkat tersebut.

Garansi

Garansi adalah faktor penting lain dalam membedakan iPhone baru dan refurbish:

BACA JUGA:Super Woth It, Inilah 5 iPhone Second Terbaik Tahun 2024 Yang Bisa Anda Beli

  • iPhone Baru dan Refurbish dari Apple: Memiliki garansi resmi dari Apple. Ini memberikan jaminan bahwa perangkat Anda terlindungi oleh kebijakan garansi Apple.
  • iPhone Rekondisi dari Pihak Ketiga: Biasanya tidak memiliki garansi resmi dari Apple. Garansi yang ditawarkan mungkin hanya dari toko atau distributor.

Harga

Harga juga bisa menjadi indikator apakah iPhone tersebut baru atau refurbish:

BACA JUGA:Untuk Para Calon Pro Player! Berikut 5 Rekomendasi iPhone yang Cocok Untuk Game Kompetitif, Gak Sampe 8 Juta!

  • iPhone Baru: Harganya lebih tinggi karena belum pernah digunakan dan memiliki semua fitur terbaru tanpa cacat.
  • iPhone Refurbish dari Apple: Biasanya dijual dengan harga lebih murah daripada yang baru, namun tetap lebih mahal dibandingkan iPhone rekondisi dari pihak ketiga. Perangkat ini tetap berkualitas tinggi karena telah melalui proses perbaikan standar Apple.
  • iPhone Rekondisi dari Pihak Ketiga: Harga biasanya jauh lebih murah, namun kualitas dan daya tahannya tidak bisa dijamin.

Tips Membeli iPhone

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: