5 Cara Alami Usir Nyamuk dari Rumah Menggunakan Bahan Alami Ini, Yuk Simak

5 Cara Alami Usir Nyamuk dari Rumah Menggunakan Bahan Alami Ini, Yuk Simak

bahan alami usir nyamuk-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Nyamuk dikenal sebagai serangga yang seringkali membawa berbagai penyakit yang sangat berbahaya seperti demam berdarah, malaria, West Nile, dan Zika.

Untuk mencegah penyebaran penyakit ini, penting untuk mengendalikan populasi nyamuk dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti lavender dan minyak kayu putih lemon dll.

Mengingat risiko yang ditimbulkan oleh nyamuk, melindungi diri dari gigitan mereka menjadi sangat penting.

Selain menggunakan lotion anti nyamuk ada beberapa cara alami usir nyamuk menggunakan bahan alami.

BACA JUGA:6 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk yang Cocok di Tanam di Berbagai Area Sekitar Rumah

1.Lavender

Lavender sering digunakan dalam produk losion antinyamuk, dan ini bukan tanpa alasan. Bunga berwarna ungu ini memiliki sifat analgesik, antijamur, dan antiseptik, yang tidak hanya mencegah gigitan nyamuk tetapi juga menenangkan kulit.

Untuk membuat obat nyamuk alami dari lavender, cukup hancurkan bunga lavender dan oleskan sarinya pada kulit yang terbuka. Selain itu, tetesan minyak lavender di bantal atau sprei juga dapat membantu melindungi dari gigitan nyamuk saat tidur.

2.Minyak Kayu Manis

Minyak kayu manis juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk alami. Caranya dengan mencampurkan ¼ sendok teh minyak kayu manis dengan 4 ons air, kemudian semprotkan ke kulit, pakaian, atau di sekitar ruangan.

BACA JUGA:Sering Diabaikan! Ini 6 Tanda Hewan Peliharaan Kucing Sedang Kesakitan yang Masih Jarang Diketahui

Namun, perlu berhati-hati saat menggunakannya pada kulit, karena konsentrasi yang terlalu tinggi dapat menyebabkan iritasi. Jika terjadi ruam atau gatal setelah pemakaian, segera hentikan penggunaan dan bilas kulit dengan air.

3.Minyak Thyme

Minyak thyme efektif dalam mengusir nyamuk penyebab malaria. Ada tiga cara menggunakan thyme sebagai pengusir nyamuk.

Pertama, dengan membakar daun thyme, asapnya dapat membunuh nyamuk. Kedua, campurkan 4 tetes minyak thyme dengan minyak zaitun atau jojoba, lalu gunakan. Ketiga, campurkan 5 tetes minyak thyme dengan 2 ons air dan semprotkan sebagai pengusir nyamuk.

BACA JUGA:OTW Debut di Oxford United, Marselino Ferdinan Dapat Pujian dari Pelatih Buckingham, 'Punya Banyak Talenta'

4.Serai

Serai, atau lemongrass, dikenal sebagai tanaman herbal yang banyak digunakan dalam produk seperti parfum, aromaterapi, dan lilin.

Serai mengandung citronella, minyak alami yang terkenal sebagai pengusir nyamuk. Berdasarkan studi ilmiah tahun 2011, citronella dari serai terbukti mampu mengusir nyamuk hingga 2,5 jam dan mengurangi gigitan nyamuk hingga 40 persen.

Cara menggunakannya cukup dengan membakar sebatang serai di dalam ruangan, dan asapnya akan memberikan perlindungan ekstra.

BACA JUGA:Bojan Hodak Kecewa Persib Bandung Gagal Menang Lawan Dewa United, Tyronne del Pino Justru Dapat Pujian 

5.Minyak kedelai

Minyak kedelai terbukti ampuh untuk mencegah gigitan nyamuk, terutama nyamuk Anopheles. Minyak ini memberikan perlindungan yang lebih tahan lama dan aman digunakan untuk anak-anak.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dalam menangkal berbagai jenis nyamuk, Anda bisa mencampurkan minyak kedelai ke dalam minyak serai kemudian menyemprotkannya ke seisi rumah.

Nah itulah beberapa bahan alami yang dapat mengusir nyamuk dari rumah, tertarik untuk mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: