FIFA Berikan Pujian Setinggi Langit untuk STY Jelang Timnas Indonesia vs Arab Saudi, Begini Katanya

FIFA Berikan Pujian Setinggi Langit untuk STY Jelang Timnas Indonesia vs Arab Saudi, Begini Katanya

FIFA Berikan Pujian Tinggi untuk Shin Tae-yong Jelang Laga Timnas Indonesia vs Arab Saudi, Begini Katanya-fifa.com - tangkapan layar-radarkuningan.com

BACA JUGA:Terungkap! Ini Alasan STY Banyak Gunakan Pemain Muda di Timnas Indonesia

FIFA menyatakan bahwa julukan tersebut diberikan karena dampak signifikan yang telah diberikan oleh pelatih asal Korea Selatan ini terhadap perkembangan sepak bola di Indonesia, termasuk peningkatan peringkat FIFA yang sangat drastis.

"Shin Tae-yong dijuluki 'the history maker' (sang pembuat sejarah) setelah empat tahun menjadi pelatih tim nasional Indonesia," tulis FIFA dalam artikelnya yang dipublikasikan pada Rabu, 4 September 2024.

Menurut FIFA, apa yang dilakukan STY di Timnas Indonesia, sudah menunjukan perkembangan sepakbola di tanah air.

"Gelar ini tidak diberikan sembarangan, melainkan merangkum dampak besar yang telah ia berikan terhadap perkembangan sepak bola di tanah air," tambahnya.

BACA JUGA:Pengamat: STY Terapkan Formasi Menyerang! Prediksi Timnas Indonesia vs Arab Saudi

Dituliskan lebih lanjut, dampak kedatangan STY terhadap perkembangan sepakbola Indonesia, bisa dilihat dari perubahan Skuad Garuda di peringkat FIFA.

"Kemajuan Indonesia terlihat jelas dalam Peringkat Dunia FIFA. Di bawah Shin, mereka telah naik 42 peringkat," lanjut FIFA.

Shin Tae-yong pertama kali melatih Timnas Indonesia pada September 2021, ketika tim berada di peringkat 175 dunia. Namun, pada Juli 2024, peringkat Indonesia telah melonjak menjadi 133.

Di bawah kepemimpinannya, Timnas Indonesia berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sebuah prestasi yang belum pernah diraih sebelumnya, serta mencapai babak 16 besar Piala Asia 2023.

BACA JUGA:STY Ingin Timnas Indonesia Tampil Apik Seperti Korea Selatan, Ini Strateginya

Pujian dari FIFA ini bisa menjadi dorongan moral bagi Shin Tae-yong saat menghadapi Arab Saudi.

Dalam wawancara tersebut, Shin Tae-yong juga mengungkapkan target jangka panjangnya, yaitu membawa Timnas Indonesia masuk ke peringkat 100 besar dunia.

Untuk target jangka pendek, ia berharap bisa membawa Indonesia finis di posisi 3 atau 4 di putaran ketiga kualifikasi, yang akan membuka peluang bagi Indonesia untuk lolos ke putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dan selanjutnya ke babak play-off untuk memperebutkan tiket ke Piala Dunia 2026.

"Tujuan jangka panjang saya adalah membawa Indonesia ke peringkat 100 teratas FIFA," ujar Shin Tae-yong kepada FIFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: