Mau Lebaran, Dinas PUTR Kuningan Perbaiki 50 Ruas Jalan Kabupaten, Cek Lokasinya

Mau Lebaran, Dinas PUTR Kuningan Perbaiki 50 Ruas Jalan Kabupaten, Cek Lokasinya

Bidang Bina Marga pada Dinas PUTR Kuningan mulai melakukan perbaikan ruas jalan kabupaten untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 2023. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Untuk kenyamanan masyarakat saat menikmati Hari Raya Idul Fitri, Dinas PUTR Kabupaten Kuningan mulai melakukan sejumlah ruas jalan. Perbaikan dimulai hari Senin 27 Maret hingga 17 April 2023.

Agar pengerjaan perbaikan jalan selesai tepat waktu, Bidang Bina Marga pada Dinas PUTR mengerahkan sebanyak 4 tim. 

Tim ini disebar ke 50 titik ruas jalan kabupaten yang mendapat perbaikan. Pemerintah daerah memprioritaskan sarana jalan pada saat Lebaran sudah benar-benar mulus, dan masyarakat nyaman menggunakannya.
 
 
Anggaran perbaikan jalan ini berasal dari APBD Kabupaten Kuningan tahun 2023. Pemkab Kuningan sendiri melakukan rasionalisasi anggaran 2023 termasuk untuk pemeliharaan jalan.
 
Dudung, salah seorang warga Desa Cikekeng, Kecamatan Japara, Kuningan menyambut baik tekad pemerintah daerah melakukan perbaikan sarana vital tersebut.
 
Apalagi sudah banyak ruas jalan yang mengalami kerusakan dan memerlukan pemeliharaan. Dia merasa yakin ketika Lebaran, jalan menuju kampung halamannya sudah mulus. 
 
 
Menurut Dudung, akses jalan menuju desanya mengalami kerusakan lumayan parah tepatnya di Gunung Karamat. Pihaknya sudah berkali-kali mengusulkan ke instansi terkait, dan baru mau Lebaran ini diagendakan diperbaiki.
 
"Yang kami dengar, jalan menuju Desa Cikeleng akan diperbaiki. Kalau bisa sih dengan pembuatan saluran airnya, supaya aspalnya kuat tidak tergenang air," ujar Dudung.
 
 
Sementara Kepala Sub Koordinasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas PUTR Kuningan, Budi Heryadi membenarkan rencana perbaikan ruas jalan Japara-Cikeleng. Anggaran perbaikan berasal dari rutin yang sudah disiapkan pemerintah.
 
"Ya termasuk ruas jalan Japara-Cikeleng. Nanti tim yang akan mengerjakannya. Mulai besok, empat tim langsung dikerahkan bersama alat-alatnya," kata Budi Heryadi, Rabu 29 Maret 2023.
 
 
Budi memaparkan jika perbaikan jalan tahun ini sebanyak 50 ruas jalan kabupaten. Seperti ruas Cipasung-Subang, Mancagar-Pajawan, Caracas-Pakembangan, Japara-Cikeleng, Caracas sampai Cibuntu dan Oleced-Tambakbaya.
 
Kemudian ruas Cikadu-Ciherang, Sudaraja-Karoya, Cibeureum-Cimara, Sindangagung-Susukan. Tangkolo-Subang, Balong-Garawangi, Kuningan-Citangtu, Sindangagung-Purwasari serta Ancaran-Karangtawang.
 
 
Ruas lainnya yakni Panawuan sampai Bandorasawetan, Mandirancan-Matangaji, Ciawilor hingga Pangkalan. Ada juga ruas jalan Padamenak-Japara, serta jalan dalam kota Kuningan.
 
"Totalnya ada 50 ruas jalan kabupaten yang mendapat perbaikan. Dari hasil survei tim, ke 50 ruas jalan ini mengalami kerusakan ringan," terang Budi.
 
 
Budi menambahkan, sasaran utama perbaikan ini demi kenyamanan para pengguna jalan saat berlebaran di kampung halaman.
 
"Jadi, prioritas ruas ruas jalan untuk kelancaran arus mudik/ lebaran Idul Fitri 2023 bagi para perantau dan masyarakat Kuningan secara keseluruhan. Insya Allah perbaikan ini selesai sesuai jadwal yang sudah ditentukan," pungkas Budi. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: