Urutan Kejadian Pilot Batik Air Tidur Selama 28 Menit di Penerbangan Kendari - Jakarta, Berdasarkan Investigas

Sabtu 09-03-2024,17:35 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Atas kejadian tersebut KNKT menilai bahwa tindakan keselamatan telah dilakukan operator. Tetapi ada beberapa permasalahan.

KNKT menyatakan bahwa tidak menemukan panduan atau prosedur rinci dari daftar periksa pribadi IM SAFE, seperti pedoman penilaian untuk setiap kategori penurunan nilai.

Batik Air Indonesia untuk menyusun panduan dan prosedur rinci demi memastikan bahwa daftar periksa pribadi IM SAFE dapat digunakan untuk menilai kondisi fisik dan mental pilot dengan benar.

BACA JUGA:Penampakan Rumah Masa Kecil Erick Thohir di Majalengka: Dulu Ibu Saya Lahir di Sini

Prosedur Darurat Keselamatan (SEP) Batik Air Indonesia menjelaskan prosedur untuk melakukan pemeriksaan kabin yang juga memuat kebijakan bahwa kokpit harus diperiksa setiap 30 menit.

Namun, investigasi KNKT tidak menemukan prosedur rinci untuk melakukan pemeriksaan kokpit sebagaimana disebutkan dalam SEP seperti siapa yang bertanggung jawab dan bagaimana melakukannya.

Batik Air Indonesia Volume A (OM-A) menjelaskan bahwa pilot harus memiliki sebuah daftar pemeriksaan pribadi.

Ketentuan mencakup kategori gangguan yang akan dialami pilot – Penyakit, Pengobatan, Stres, Alkohol, Kelelahan dan Emosi (IM SAFE) yang dapat dengan mudah disimpan dalam memori sebagai pengingat sebelum melakukan tugas penerbangan apa pun.

Kategori :