4 Penerbangan di Bandara Kertajati Tidak Beroperasi, Penumpang Lebih Pilih ke Halim Naik Whoosh?

4 Penerbangan di Bandara Kertajati Tidak Beroperasi, Penumpang Lebih Pilih ke Halim Naik Whoosh?

Penumpang di Bandara Kertajati turun secara year on year. Diduga sebagian memilih menggunakan Bandara Halim Perdanakusuma via Kereta Cepat Whoosh.-Yuda Sanjaya/Dok-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Sebanyak 5 rute penerbangan di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, tidak dioperasikan hingga Juli 2024.

Dari 7 rute domestik yang dibuka di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), hanya 3 rute penerbangan masih dioperasikan secara rutin.

Sedangkan sisanya yakni 4 rute penerbangan tak lagi beroperasi di BIJB Kertajati, yakni, Banjarmasin, Batam, Makassar, Palembang.

Kuat dugaan, sebagian penumpang memilih terbang lewat Bandara Halim Perdanakusuma yang sudah bisa ditempuh menggunakan Kereta Cepat Whoosh.

BACA JUGA:Legiun Asing Persib Mateo Kocijan Keluhkan Cuaca Panas Kota Bandung

Sebagai informasi, rute penerbangan domestik yang memiliki izin operasi di Bandara Kertajati adalah Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Batam (BTH), Denpasar (DPS), Makassar (UPG), Medan (KNO), Palembang (PLM).

Rute tersebut dioperasikan oleh Maskapai Citilink, AirAsia Indonesia, dan Super Air Jet.

Mengacu pada Jadwal Penerbangan Bandara Kertajati, Sabtu, 13, Juli 2024 hanya terdapat 12 penerbangan keberangkatan dan kedatangan.

Yakni 10 penerbangan domestik dengan 3 rute yakni Denpasar, Balikpapan dan Kulanamu.

BACA JUGA:Pernah 'Tampar' Haaland, Rugikan Timnas Indonesia, UEFA Pilih Francois Letexier Wasit Euro 2024

Sedangkan untuk penerbangan internasional ada pemulangan Jemaah Haji yang dilayani Maskapai Saudi Arabian Airlines.

Selain jumlah rute penerbangan domestik yang kini hanya tersisa 3, penurunan penumpang juga sangat terasa.

Dikutip dari paparan Ibnu Syabri dari Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung (ITB), kemungkinan masih banyak calon penumpang yang belum memilih Bandara Kertajati.

Dalam paparan itu, Ibnu Syabri mengutip data Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung dengan rata-rata penumpang per hari yakni 9.050 pax untuk domestik dan 810 pax internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: