Ini 6 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Mental, yang Bisa Mencegah Penyakit Otak

Minggu 26-05-2024,20:30 WIB
Reporter : Andhika S
Editor : Andhika S

RADARKUNINGAN.COM - Selain bagus untuk kesehatan fisik, ternyata teh hijau juga bermanfaat bagi kesehatan mental kita lho! 

Namun hingga saat ini, kebanyakan orang hanya berfokus pada manfaat teh hijau untuk meningkatkan performa fisik. 

Terutama untuk meningkatkan fokus dan pengembangan otot saat berolahraga. 

Tapi selain dikenal karena khasiatnya untuk kesehatan fisik, ternyata minuman herbal ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mental kita.

BACA JUGA:Apa Perbedaan Teh Hijau dan Matcha? Mana yang Lebih Sehat? Ini Penjelasan Manfaatnya

Berikut adalah enam bukti ilmiah yang menunjukkan bagaimana teh hijau dapat berkontribusi positif terhadap kesehatan mental kita.

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Pertama, para peniliti mengatakan bahwa teh hijau  mengandung asam amino L-theanine yang memiliki efek menenangkan pada otak.

Dimana L-theanine ini dapat meningkatkan kadar serotonin, dopamin, dan neurotransmitter yang berperan penting dalam mengatur suasana hati.

Selain itu, dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutritional Neuroscience jug ditemukan bahwa konsumsi teh hijau secara teratur dapat mengurangi gejala stres dan kecemasan .

BACA JUGA:Hama Langsung Ngibrit dari Rumah, 4 Cara Mengusir Tikus Dengan Ampas Teh, Gunakan Jenis Teh Ini!

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Teh hijau mengandung kafein dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan kopi, namun cukup untuk memberikan dorongan energi tanpa menyebabkan efek gelisah.

Kombinasi kafein dan L-theanine dalam teh hijau diketahui dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk peningkatan fokus, perhatian, dan kecepatan reaksi.

Studi yang diterbitkan dalam Psychopharmacology menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi teh hijau menunjukkan peningkatan dalam tes kognitif dibandingkan mereka yang tidak.

Kategori :