4 Tanaman Hias ini Berbunga Cantik tapi Berduri, Bisa Terbebas dari Hama lho!

Sabtu 19-10-2024,15:37 WIB
Reporter : Denis Fayumi
Editor : Denis Fayumi

RADARKUNINGAN.COM - Tanaman hias berduri ini bermanfaat karena memberikan perlindungan bagi berbagai satwa liar dan menjaga taman Anda bebas dari hama yang tidak diinginkan.

Merawat tanaman hias menjadi hobi yang berkembang pesat setidaknya sejak awal 2020 ketika pandemi virus corona melanda. Aktivitas yang harus dilakukan di rumah memungkinkan kita menjalani hobi tanaman hias ini. 

Namun, merawat dan mengoleksi tanaman hias bukan cuma untuk mengagumi daunnya. Beberapa jenis tanaman hias memiliki bunga yang sangat cantik dan bahkan harum.

Meski demikian, Anda juga harus cermat dan berhati-hati. Sebab, sejumlah jenis tanaman bunga memiliki duri pada batangnya, walaupun bunganya sangat cantik

BACA JUGA:5 Tips Merawat Tanaman Cabai Supaya Sehat dan Berbuah Lebat, Lakukan Cara Berikut Ini

Berikut 4 tanaman hias berbunga cantik namun berduri

1.Quince Menurut para ahli di University of Connecticut, quince adalah tanaman bunga berduri yang berasal dari China. Tanaman ini bisa berkembang seperti semak yang tinggi, dengan cabang berduri dan bunga berwarna merah, salmon, merah muda, atau putih. 

Quince juga menghasilkan buah yang menyerupai apel. Quince tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, tetapi juga dapat mentolerir naungan parsial.Pemangkasan akan membantu menciptakan dedaunan yang indah yang dapat mempercantik lanskap taman atau halaman rumah Anda.

BACA JUGA:Ketahui, Inilah 5 Tips Menanam Tanaman Porang, Agar Hasil Panenmu Berkualitas dan Terawat

2.Mawar Sudah terkenal bahwa bunga mawar adalah tanaman bunga berduri. Dilansir dari Home Guides SF Gate, ada banyak jenis mawar yang berbeda, tetapi kebanyakan tumbuh dengan duri di sepanjang batangnya. 

Contohnya termasuk mawar semak Jepang atau Rosa rugosa, tanaman berduri yang lebat, setinggi 1,2 hingga 1,8 meter dengan banyak bunga tunggal yang harum dalam berbagai warna. 

Beberapa mawar yang dibudidayakan merupakan varietas tua yang disebut mawar Eropa atau heirloom (Rosa sinensis), sedangkan yang lain merupakan hibrida yang biasanya dicangkokkan pada batang akar yang kokoh.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di Rumah, Jadi Pilihan Favorit

3.Euphorbia Dikutip dari Hunker, menurut Departemen Hortikultura University of Florida, Euphorbia atau mahkota duri berasal dari Madagaskar dan sangat toleran terhadap iklim panas. Bunga ini hanya membutuhkan sedikit air dan dapat bertahan di bawah sinar matahari penuh. 

Sementara versi asli tanaman memiliki duri yang sangat menonjol, beberapa varietas baru memiliki duri yang sedikit, bahkan hanya tonjolan yang tidak tajam. Warna bunga euphorbia beragam, mulai dari merah tua, merah muda pucat dan krem.

Kategori :