Ketahui, Inilah Fakta Khobiza, Tanaman Liar yang Terpaksa Dikonsumsi di Gaza

Rabu 19-06-2024,22:00 WIB
Reporter : Ditta Rosyalita
Editor : Ditta Rosyalita

Ukuran bunga bisa mencapai 2 sampai 5 cm, dengan panjang kelopak bunga bisa mencapai hingga empat kali dari ukuran  kuncupnya.

Adapun buah khobiza berbentuk seperti cincin dengan biji-biji kecil.

Ketiga, Melansir dari honestdocs, khobiza mengandung minyak esensial, vitamin C, tanin, flavonoid, anthocyanin glikosida malvin, hamnose, galaktosa, asam galacturonic, asam glukonat dan asam fenolik.

Tidak apa-apa jika mengkonsumsi mentah daun khobiza, karena lebih sehat dengan kandungan gizi yang tinggi. 

BACA JUGA:Rupanya Memiliki Banyak Manfaat! Berikut 6 Tanaman Hias Gantung Yang Dapat Menyerap Polusi di Udara

Keempat, Saat ini di wilayah Gaza, Khobiza hanya diolah menjadi hidangan sederhana, biasanya dibuat seperti sup dengan cara direbus dan bisa dinikmati tanpa nasi atau roti.

Namun pada umumnya khobiza bisa dibuat menjadi makanan dengan tambahan rempah yang beragam.

Tanaman liar ini bisa dimasak tumis menggunakan minyak zaitun dengan rempah bawang merah, bawang putih dengan sedikit tambahan garam.

Untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, bisa menggunakan kaldu ayam atau kaldu bebek yang dibuat sendiri.

BACA JUGA:Ingin Menanam Tanaman Hias dengan Perawatan yang Mudah dan Minim? Berikut 5 Rekomendasinya

Untuk membuat penyajian lebih menarik, hidangan yang sudah siap biasanya ditaburi potongan lemon segar dan dinikmati dengan roti atau nasi hangat. Rasanya seperti orang memakan kangkung atau Mloukhiya.

Itulah beberapa fakta tanaman liar khobiza atau mallow, yang saat ini menjadi harapan terakhir bagi warga Gaza untuk bertahan hidup dari rasa lapar.

Meskipun untuk bisa memetik tanaman ini mereka juga harus mempertaruhkan nyawa, karena khobiza banyak tumbuh di wilayah perbatasan yang dipenuhi dengan pasukan tentara Israel. Semoga bermanfaat ya.

Kategori :