Benarkah Gula Fruktosa Lebih Baik Dibandingkan Dengan Gula Pasir? Begini Penjelasan Para Peneliti

Kamis 20-06-2024,11:05 WIB
Reporter : Fattah Ali
Editor : Fattah Ali

RADARKUNINGAN.COM - Fruktosa adalah salah satu jenis gula alami yang sering kita temui dalam berbagai buah-buahan, sayuran, dan madu.

Dalam beberapa dekade terakhir, fruktosa telah menjadi topik yang banyak dibicarakan, terutama terkait dampaknya pada kesehatan.

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang fruktosa, jenis-jenisnya, manfaat, serta dampak konsumsi berlebihannya dari para peneliti.

Apa Itu Fruktosa?

Fruktosa, juga dikenal sebagai gula buah, adalah monosakarida atau gula sederhana yang ditemukan secara alami dalam banyak jenis buah, sayuran, dan madu.

BACA JUGA:Menghasilkan Banyak Manfaat Kesehatan! Ini Dia 5 Jenis Tanaman Hias Pemiliki Aromaterapi, Ketahui Yu!

Fruktosa memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan glukosa dan sukrosa, menjadikannya komponen penting dalam berbagai produk makanan dan minuman.

Jenis-Jenis Fruktosa

Fruktosa Alami

Fruktosa alami terdapat dalam buah-buahan, sayuran, dan madu. Sumber fruktosa alami ini biasanya disertai dengan serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Fruktosa Tambahan

Fruktosa tambahan sering ditemukan dalam bentuk sirup jagung fruktosa tinggi (high fructose corn syrup atau HFCS) yang digunakan dalam berbagai produk makanan olahan seperti soda, permen, dan makanan ringan.

Manfaat Fruktosa

Sumber Energi Cepat

Fruktosa dapat dengan cepat diserap oleh tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Ini sangat bermanfaat bagi atlet atau individu yang membutuhkan energi instan.

Kategori :