Wisata Hits Kuningan Tidak Cuma Wisata Alam! Ini Profil Tempat Museum Situs Purbakala Cipari Kuningan

Selasa 09-07-2024,07:30 WIB
Reporter : Erlangga Auliyan
Editor : Erlangga Auliyan

RADARKUNINGAN.COM - Wisata hits Kuningan, memiliki banyak objek wisata.

Tidak hanya objek wisata alam, wisata hits Kuningan juga memiliki banyak objek wisata hits lain yang bersifat non-alam. Seperti museum, dan lain sebagainya. 

Salah satunya adalah Museum Situs Purbakala Cipari Kuningan. 

Kamu bisa berlibur sambil belajar bila mengunjungi tempat ini. Tertarik mengenal lebih dalam tentang wisata hits Kuningan yang satu ini? Ini penjelasannya!

BACA JUGA:5 Tempat Glamping Viral di Kunigan, Ternyata Lokasinya Palutungan di Bawah Kaki Gunung Ciremai!

Situs Purbakala Cipari adalah salah satu situs arkeologi penting di Indonesia yang menggambarkan kehidupan manusia pada Zaman Megalitikum.

Museum Situs Purbakala Cipari Kuningan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1972 oleh penduduk setempat saat mereka menggali tanah untuk membangun rumah.

Penemuan ini kemudian ditindaklanjuti oleh penelitian arkeologis yang mengungkap berbagai artefak penting dari periode tersebut.

Kira-kira itulah asal dari penemuan Situs Purbakala Cipari Kuningan ini. Bila melansir sebuah penjelasan dari halaman resmi "Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan", serta "Indonesia Travel". 

Situs Purbakala Cipari Kuningan, kemudia diubah menjadi Museum Situs Purbakala Cipari Kuningan. Hal ini dilakukan demi kepentingan edukasi dan penelitian.

Museum Situs Purbakala Cipari berlokasi di Desa Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Museum Situs Purbakala Cipari ini berada di kawasan pegunungan yang indah dengan udara yang sejuk, menjadikannya destinasi wisata hits Kuningan yang menarik untuk para wisatawan.

BACA JUGA:Berkemah Mewah! Berikut Rekomendasi 5 Tempat Glamping di Palutungan Kuningan, Bikin Betah Wisatawan!

Museum Situs Purbakala Cipari Kuningan, bukan hanya sekedar museum yang alakadarnya. Museum ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang dapat menambah pengalaman berwisata kamu. 

Fasilitas yang ada pada Museum Situs Purbakala Cipari Kuningan antara lain seperti ruang pameran, ruang edukasi, area parkir, hingga pemandu wisata. 

Kategori :