Anda Pelupa? Berikut Beberapa Minuman yang Dapat Mencegah ataupun Memperkuat Daya Ingat pada Otak

Jumat 26-07-2024,05:52 WIB
Reporter : Taufiq Urohman
Editor : Taufiq Urohman

RADARKUNINGAN.COM - Jika bicara tentang ingatan dan kognisi, berarti tidak boleh melewatkan asupan yang mengandung nutrisi.

Anda sering lupa? Sebagian orang sering lupa akan sesuatu, entah lupa meletakkan kunci kendaraan, lupa bawa payung ataupun lupa mengirim pesan.

Mungkin hal ini terlihat sepele tetapi tanpa disadari hal ini dapat mengganggu bahkan dapat semakin lebih parah di usia lanjut. 

Untuk mengatasi hal tersebut, otak perlu dikuatkan dengan sejumlah asupan termasuk minuman yang tepat untuk mengatasinya.

BACA JUGA:Rekomendasi Aplikasi Workout untuk iPhone, Cocok Untuk Kamu yang Hoby Olahraga

Berikut deretan minuman yang dapat mencegah pikun dan menguatkan daya ingat otak:

1. Kopi

Sebagian besar manfaat yang terkandung dalam kopi untuk otak terletak pada kandungan kafeinnya.

Kafein pada kopi ini dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan, waktu reaksi serta memori dalam dosis 40-300 mg atau setara dengan 120-720 ml kopi. Tidak hanya itu, kopi juga dapat melindungi tubuh dari Alzheimer.

BACA JUGA:Ketahui, Cara Cek IMEI iPhone, Ponselmu Legal atau Ilegal?

2. Teh hijau

Kandungan kafein yang terdapat pada teh hijau memang lebih rendah tetapi minuman ini menawarkan senyawa nootropik yang sangat menjanjikan untuk kesehatan yakni l-theanine dan epigallocatechin gallate (EGCG).

Senyawa nootropik yang terkandung dalam teh hijau ini merupakan senyawa alami atau sintetik yang dapat meningkatkan fungsi pada otak.

l-theanine dapat meningkatkan relaksasi pada tubuh ataupun otak. Lalu pada saat dipadukan dengan kafein, maka dapat meningkatkan fungsi otak.

BACA JUGA:Piala Presiden 2024: Persib Bandung Kembali Gagal Lolos ke Semifinal Usai Dikalahkan Persis Solo

Kategori :