4 Kuliner Khas Kuningan Wajib Dicoba, Nomor 1 Paling Legendaris

Rabu 28-08-2024,16:00 WIB
Reporter : Kusuma Yanuwar
Editor : Asep Kurnia

RADARKUNINGAN - Tidak akan ada habisnya berbicara tentang Kuningan. Selain alam yang indah, Kabupaten yang disebut Kota Kuda ini memiliki makanan khas.

Daerah ini berbatasan langsung dengan 2 kabupaten dari Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes dan Kabupaten Cilacap.

Dari banyaknya tempat wisata alam yang indah, Kuningan juga memiliki kuliner khas dengan cita rasanya sendiri. Bahkan ada yang memiliki sejarah hingga bisa disebut makanan legendaris.

Berikut ini rekomendasi kuliner khas Kuningan yang wajib kamu cicipi.

1. Nasi Kasreng

Rekomendasi yang pertama bisa menjadi pilihan untuk mengisi kekosongan perut kamu ketika sedang berwisata di daerah Luragung, Kabupaten Kuningan. 

Nasi Kasreng, kuliner ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai sudut di wilayah Kuningan. Nasi yang dikemas minimlais ini memiliki sejarah hingga disebut legendaris.

Dalam satu porsi Nasi Kasreng, sudah mendapatkan isian taoge yang direbus, abon, dan ayam suwir sebagai pelengkap. 

Selain itu, ada juga dua sambal yang menemani, yaitu sambal tomat dan sambal hijau. 

Sejarah Nasi Kasreng, bermula dari seorang penjual warung nasi yang bernama Kasri, warga asli daerah Luragung pada 1970-an. 

Saat itu, Kasri berjualan di pagi hari dengan dibantu suaminya dan anaknya di daerah Pasar Galuh, Luragung.

Harga yang ditawarkan pun sangat ramah di kantong, untuk satu bungkus Nasi Kasreng dibanderol sekitar Rp10 ribu hingga Rp25 ribu.

2. Hucap

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Kuningan namun kamu tidak mencicipi kuliner yang satu ini. 

Hucap, merupakan akronim dari Tahu Kecap. Bukan hanya isian tahu dan kecap saja, namun terdapat juga lontong ataupun ketupat dengan guyuran sambal kacang dengan di tambah taburan bawang goreng.

Kategori :