Gara-gara Aturan dari FIFA, Mauresmo Hinoke Batal Naturalisasi dan Perkuat Timnas Indonesia U19

Minggu 04-08-2024,11:58 WIB
Reporter : Rafly Wahyu
Editor : Rafly Wahyu

RADARKUNINGAN.COM - Rencana untuk melakukan naturalisasi pemain sayap lincah yang bernama Mauresmo Hinoke terancam batal, imbas aturan yang termuat dalam FIFA. 

Federasi Sepakbola Internasional memiliki aturan tersendiri mengenai pemain yang mendapat kewarganegaraan baru, yang terkandung dalam Pasal 7.

Sayangnya Hinoke dianggap tak sesuai akan pasal tersebut, makanya ada kabar buruk bahwa ia akan sulit mendapatkan status WNI. Namun PSSI sendiri belum ada konfirmasi untuk kelanjutan kasus ini.

Pasal tersebut berbunyi "pemain naturalisasi harus punya maksimal garis keturunan dari kakek dan neneknya, jika lebih dari tiga garis keturunan leluhurnya, maka tak bisa peroleh kewarganegaraan baru"

BACA JUGA:Mauresmo Hinoke Ketahuan 'Unfollow' Akun Instagram Timnas Indonesia, Imbas Batal Naturalisasi Gegara...

"Mauresmo rencananya akan menjalani naturalisasi oleh PSSI, tapi saya mendapatkan informasi bahwa Hinoke sulit di naturalisasi karena sudah lebih dari tiga garis keturunan" ucap Bung Binder.

Ternyata setelah ditelusuri, garis keturunan winger berbakat ini punya silsilah darah keturunan dari atas kakek dan neneknya lebih dari tiga generasi, alias seperti dari sang buyut atau canggah.

Sehingga pemain 19 tahun ini dianggap tak sesuai untuk peroleh kewarganegaraan baru, karena sudah melebihi batas garis keturunan lebih dari tiga generasi.

"Kita akan tunggu saja nanti bagaimana progres naturalisasi Hinoke" ujar Bung Binder. 

BACA JUGA:Media Vietnam Akui Kehebatan Pemain Naturalisasi Timnas U-19 Meski Sebelumnya Pernah Mengejek

Senada dengan pernyataan pengamat sepakbola Binder Singh, eks pengurus PSSI Hasani Abdulgani juga mengonfirmasi bahwa pemain kelahiran 2005 ini pasti akan sulit untuk di naturalisasi. 

Intinya garis keturunan Hinoke yang terlampau jauh, dari generasi keempat atau kelima, hingga akhirnya dia dilabeli sebagai pemain yang tidak 'Eligible' untuk mendapat kewarganegaraan baru. 

Yang terbaru, ternyata winger lincah ini kedapatan sudah "Unfollow' akun instagram Timnas Indonesia, sontak hal ini membuat banyak fans yang berasumsi terkait kegagalan naturalisasi pemain 19 tahun ini.

Jika benar Mauresmo tidak bisa mendapat status WNI, hal ini bisa menjadi pelajaran bagi PSSI, untuk bisa lebih cek mendalam sebelum mengajak pemain untuk uji coba bersama skuad Garuda. 

BACA JUGA:Pemain Naturalisasi Jadi Kunci Kemenangan Timnas U-19 Menurut Media Vietnam

Kategori :