Punya Banyak Khasiat Lho! Ini 4 Manfaat Mendengarkan Lagu saat Berolahraga yang Jarang Diketahui!

Selasa 13-08-2024,15:25 WIB
Reporter : Andhika S
Editor : Andhika S

Mendengarkan lagu dapat membantu mengalihkan perhatian Anda dari rasa lelah atau nyeri yang mungkin dirasakan selama berolahraga.

Musik bekerja sebagai semacam "distraction" yang mengurangi persepsi terhadap kelelahan, sehingga Anda dapat berolahraga lebih lama tanpa merasa terlalu terbebani.

Penelitian menunjukkan bahwa musik dapat mengurangi persepsi terhadap rasa sakit hingga 10%, yang memungkinkan Anda untuk tetap fokus pada tujuan latihan Anda.

4. Meningkatkan Mood dan Menurunkan Stres

BACA JUGA:Berikut 3 Skincare Khusus Kulit Berjerawat Bisa Memperbaiki Skin Barrie, formulasi Khusus Kulit Sensitif!

Musik memiliki kemampuan untuk mempengaruhi suasana hati secara signifikan.

Mendengarkan lagu favorit Anda saat berolahraga dapat meningkatkan mood dan memberikan perasaan bahagia, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan Anda terhadap latihan tersebut.

Selain itu, musik juga dapat membantu menurunkan tingkat stres dengan merangsang produksi hormon dopamin dan endorfin, yang dikenal sebagai "hormon kebahagiaan."

Ini menjadikan musik sebagai alat yang efektif untuk menjaga keseimbangan mental selama berolahraga.

BACA JUGA:STY Darurat Pemain di Kualifikasi Piala Dunia, 4 Pemain Persib Bandung Bisa Jadi Solusi, No 1 Veteran

Mendengarkan lagu saat berolahraga bukan hanya membuat aktivitas fisik lebih menyenangkan, tetapi juga memberikan manfaat nyata seperti peningkatan motivasi, pengaturan tempo, pengurangan persepsi terhadap kelelahan, dan peningkatan mood.

Memasukkan musik ke dalam rutinitas olahraga Anda dapat membantu mencapai hasil yang lebih baik dan menjadikan olahraga sebagai pengalaman yang lebih positif dan memuaskan.

Kategori :