Tanggapan Cuek PSSI Atas Nyinyiran Media Vietnam hingga Malaysia untuk Timnas Indonesia

Jumat 23-08-2024,17:59 WIB
Reporter : Adi K
Editor : Asep Kurnia

RADARKUNINGAN.COM - PSSI tidak ambil pusing atas nyinyiran yang kerap dilontarkan media Vietnam maupun Malaysia terhadap Timnas Indonesia. Federasi bahkan terkesan cuek.

Keberhasilan Timnas Indonesia dalam meraih beberapa prestasi akhir-akhir ini, telah menarik perhatian rival-rivalnya di Asia Tenggara, seperti Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Tak jarang, pujian dan kritik tajam datang dari media dan netizen di negara-negara tersebut atas berbagai usaha yang dilakukan PSSI dalam membangun Timnas Indonesia.

Salah satu topik yang sering menjadi bahan kritik adalah program naturalisasi pemain yang dijalankan oleh Timnas Indonesia.

BACA JUGA:Maarten Paes Absen di Laga Tandang Pertama, Exco PSSI Beberkan Alasan

BACA JUGA:Parah! Respons Tyronne del Pino Usai 2 Golnya Tak Cukup Tambah Poin Penting Buat Persib Bandung

Hingga kini, media-media dari negara tetangga itu, menjuluki Timnas Indonesia dengan sebutan 'Belanda Mini' karena banyaknya pemain keturunan Belanda di dalam skuad Garuda.

Meski demikian, pihak Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tampaknya tidak terlalu memusingkan kritik-kritik tersebut.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, menegaskan bahwa fokus utama PSSI adalah mengembangkan sepak bola nasional, bukan menanggapi komentar dari luar negeri.

"Kami sebenarnya tidak terlalu memperhatikan kritik-kritik seperti itu. Kami lebih sibuk mengurus dan membentuk pemain-pemain timnas, serta memperbaiki liga kita. Jadi, tidak ada waktu untuk membahas komentar-komentar dari luar," ujar Arya dalam sebuah video yang diunggah di akun YouTube-nya.

BACA JUGA:Hadapi Arab Saudi dan Australia, Pelatih Indonesia Panggil Striker Muda Andalan Persis Solo

BACA JUGA:Daftar 26 Pemain Timnas untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, Pratama Arhan dan Maarten Paes Siap Tampil

Respon terhadap Pujian dan Kritik

Arya menjelaskan bahwa PSSI menerima semua bentuk apresiasi dengan terbuka.

Namun, jika ada kritik atau nyinyiran, mereka juga tidak terlalu ambil pusing selama tidak ada hal yang dilanggar oleh PSSI atau Timnas Indonesia.

Kategori :