Empat Jabatan Kabag Lowong, Kepala BKPSDM: Mutasi Tunggu Instruksi Bupati

Empat Jabatan Kabag Lowong, Kepala BKPSDM: Mutasi Tunggu Instruksi Bupati

KUNINGAN-Pasca promosinya lima pejabat eselon III, sejumlah jabatan kepala bagian (kabag) di lingkungan Setda Kuningan kembali lowong. Tercatat, ada empat jabatan kepala bagian setda yang ditinggalkan promosi. Antara lain Kabag Administrasi Pembangunan, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Kabag Organisasi serta Kabag Hukum.

Selain posisi kabag, ternyata banyak juga jabatan eselon III yang kosong lantaran ditinggal pensiun pejabat sebelumnya atau meninggal dunia. Praktis dalam waktu dekat ini, diperkirakan Bupati H Acep Purnama bakal kembali menggelar mutasi, rotasi dan promosi dari eselon IV ke III.

Seperti diketahui, empat kepala bagian yang naik eselon adalah Kabag Organisasi Drs Agus Basuki MSi, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa U Kusmana SSos MSi, Kabag Hukum Dr H Budi Alimudin MSi, dan Kabag Adiministrasi Pembangunan Dr Wahyu Hidayah MSi. Sejumlah nama pejabat eselon III disebut-sebut bakal masuk ke Gedung Putih, tempat bupati berkantor, untuk menduduki kursi kabag.

“Ada beberapa pejabat eselon III dari luar Gedung Putih yang akan ditunjuk sebagai kabag. Selain dari luar, ada juga yang berasal dari lingkungan setda,” ujar sumber Radar di lingkungan Pemkab Kuningan, kemarin (14/12).

Sumber itu juga menerangkan jika mutasi, rotasi dan promosi kemungkinan besar bakal digelar akhir tahun ini. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya posisi yang kosong. Mulai dari level eselon IVB sampai eselon IIIA. Begitu juga dengan kecamatan, banyak jabatan camat yang kosong.

“Ya kemungkinan akhir tahun ini. Kan saat ini banyak kecamatan yang dijabat pelaksana tugas atau Plt. Itu disebabkan karena camatnya pensiun atau alih tugas. Seperti camat Kuningan, Japara, Cibingbin, Subang, dan beberapa kecamatan lainnya. Belum lagi untuk jabatan sekretaris dinas (sekdis), kepala bidang (kabid) dan posisi lainnya,” sebut dia.

Sejumlah nama yang santer dikabarkan akan masuk ke posisi kabag mulai menyeruak. Seperti untuk calon Kabag Administrasi Pembangunan, ada Kabid Cipta Karya pada Dinas PUTR Asep Abdul Mukti ST MSi, serta Kabid SDA pada Dinas PUTR Ir Aries Susandi ST MSi. Kemudian calon Kabag Hukum, nama Kabid Pengadaan, Pemberhentian, Pembinaan dan Penilaian Kinerja Aparatur pada BKPSDM Hartanto SH MSi, dan Camat Cidahu Solihin diperkirakan akan bersaing. Beberapa nama juga disebut layak untuk mengisi posisi Kabag Organisasi. Antara lain Erni Jamilah SS yang saat ini menjabat Sekretaris BKPSDM, dan Camat Pasawahan Cece Kristanto ST.

Sedangkan calon Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, jumlahnya juga lumayan banyak. Antara lain Teddy Sukmajayadi ST MSi, Kabid Bina Marga pada Dinas PUTR H Deden Kurniawan, Sekretaris Inspektorat, dan juga Kabid Pembinaan SD pada Disdikbud Rizal Arif Gunawan SE MSi.

“Saya perkirakan persaingannya akan seru, beberapa camat yang alumni IPDN bisa mengisi posisi Kabag Organisasi. Lalu untuk Kabag Pengadaan Barang Jasa, diperlukan pejabat yang benar-benar paham urusan proyek, serta pintar melakukan komunikasi baik internal maupun ke publik. Saya kira, ketiga nama calon Kabag PBJ atau Barjas tersebut, bisa menjadi pilihan pak bupati,” ujar Muhammad Zaenal, pemerhati politik.

Sementara Kepala BKPSDM Kabupaten Kuningan Drs H Nurahim MSi dalam sebuah kesempatan mengatakan, mutasi, rotasi dan promosi merupakan kewenangan dari bupati selaku user. Pihaknya sampai saat ini belum menerima instruksi untuk melakukan pembahasan. Tapi pihaknya siap jika diminta untuk menyiapkan sumber daya manusinya.

“Belum ada instruksi dari pak bupati soal itu (mutasi, red). Saat ini kami fokus menyelesaikan tahapan seleksi jabatan JPT yang belum seluruhnya kelar. Masih ada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang rekomendasinya dari Kemendagri belum turun. Untuk mutasi, nanti menunggu perintah pak bupati,” kata Nurahim. (ags)       

https://www.youtube.com/watch?v=IOMVk6w1paI&t=324s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: