Pemkab Kuningan Berikan Dana Rp3 Miliar untuk Pelaku UMKM

Pemkab Kuningan Berikan Dana Rp3 Miliar untuk Pelaku UMKM

KUNINGAN– Pemerintah Kabupaten Kuningan memberikan suntikan dana sebesar Rp3 miliar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kuningan. Langkah ini sebagai upaya pemulihan ekonomi karena pandemi Covid-19 yang berdampak bagi pelaku UMKM.

Penyaluran bantuan diberikan melalui Dinas Koperasi, Perdagangan dan Industri (Diskopdagperin) Kuningan. Bantuan ini bersumber dari APBD Kabupaten Kuningan Tahun Anggaran 2020 dengan total penerima mencapai 2.400 orang.

Penyerahan suntikan dana itu dilakukan langsung Bupati H Acep Purnama disaksikan U Kusmana SSos MSi, Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Industri (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan. “Alhamdulillah melalui beberapa aspirasi teman-teman dewan termasuk kebijakan-kebijakan pemerintah daerah. Kalau saya lihat, hampir 5 ribu pelaku yang akan menerima manfaat dari kebijakan ini, mudah-mudahan dengan kebijakan seperti ini kita bisa cepat me-recovery atau memulihkan sendi-sendi kehidupan pasca atau di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Bupati Acep di Kantor Diskopdagperin Kuningan, Selasa (29/12).

Karena itu, bupati mengajak masyarakat agar menjadi pelopor untuk kegiatan positif dan bermanfaat, pemulihan ekonomi dan sosial keagamaan yang wajib dilaksanakan. Untuk itu pula pihaknya mengalokasikan anggaran dari dana refocusing untuk kegiatan ini. Diharapkan manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat, serta kebijakan anggaran yang cukup besar ini bisa menuai manfaat yang sebesar-besarnya.

Sementara itu, Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan Uu Kusmana SSos MSi menuturkan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, agar dapat memulai aktivitas produksi UMKM/IKM serta modal usaha yang terhenti di masa pandemi Covid-19.

“Semoga dengan pemberian sarana dan prasarana usaha dapat meningkatkan kapasitas produksi. Sekaligus bisa memulihkan pergerakan perekonomian UMKM/IKM di Kabupaten Kuningan,” jelas Uu yang baru promosi ke eselon II tersebut.

Dia menyebutkan, dana hibah yang disalurkan sebesar Rp3 miliar untuk 2.400 penerima. Ada lima kategori yang sudah diverifikasi dan telah mendapat Surat Keputusan (SK) Bupati Kuningan.  “Totalnya 2.400 penerima, dan mereka sudah punya rekening masing-masing. Jadi mereka bisa mengambil uangnya langsung ke bank yang sudah ditentukan yakni Bank bjb,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Pimpinan Cabang Bank bjb Kuningan Iwan Setiawan, Asisten Ekonomi Pembangunan Deni Hamdani serta Anggota DPRD Kuningan Sri Laelasari dan Elin Lusiana. (ags)

https://www.youtube.com/watch?v=YMMP9iSsyLA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: