Pemilik SIM C dan A dapat Bantuan Rp 900 Ribu, Fakta atau Hoax?

Pemilik SIM C dan A dapat Bantuan Rp 900 Ribu, Fakta atau Hoax?

SEBUAH narasi yang cukup provokatif beredar di media sosial Facebook, belum lama ini. Disebutkan bahwa pemilik SIM C dan A akan mendapat bantuan sebesar Rp 900 ribu per bulan.

Bantuan, katanya, akan diberikan mulai Januari hingga Mei 2021 mendatang. Tidak hanya itu, narasi tersebut juga mencantumkan tautan yang diklaim sebagai cara untuk mengetahui apakah pemilik SIM C dan A mendapatkan bantuan Covid-19 itu.

Baca juga: Hengkang dari Arsenal, Ozil Resmi Gabung Fenerbahce

Kebenaran kabar ini ditepis Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Menurut mereka, itu merupakan informasi palsu alias hoaks.

“Setelah ditelusuri, narasi yang menyebut pemilik SIM C dan A akan mendapat bantuan Covid-19 senilai Rp 900.000 selama Januari hingga Mei 2021 adalah tidak benar alias hoaks,” demikian pernyataan Kominfo dalam keterangannya.

Baca juga: Tanda “X” di Kursi Dinilai Kurang Efektif untuk Cegah Kerumunan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus juga menegaskan bahwa informasi yang terkandung dalam narasi tersebut palsu atau tidak benar.

Yusri meminta masyarakat tidak memercayai informasi tersebut.

Terkait tautan yang disertakan dalam narasi tersebut, Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika menjelaskan bahwa, bukan berisi formulir untuk mengetahui apakah pemilik SIM C dan A mendapat bantuan Covid-19.

“Melainkan hanya foto potongan iklan rokok bertemakan jin dengan disertai tulisan NGIMPI!!!” tandasnya. (*/pojoksatu)

Baca juga: Beli 1 Dapat 1, Ringkus Pelaku Curanmor Indramayu, Penadah Ikut Tertangkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: