Musrenbang Desa Jadi Ruang Penyerapan Aspirasi

Musrenbang Desa Jadi Ruang Penyerapan Aspirasi

KUNINGAN – Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi menyebut, musrenbang tingkat desa menjadi ruang untuk penyerapan aspirasi masyarakat dalam pembangunan. Hal ini disampaikan Wabup Ridho saat memberi arahan musrebang di Desa Sindangsari, Sindangagung, Kuningan baru-baru ini.

“Musrenbang Desa merupakan kegiatan yang sangat diprioritaskan sebagai media aspirasi yang bertujuan untuk memajukan desa ke arah lebih baik. Oleh karena itu, pemerintah desa sebagai media komunikasi dan konsultasi program pembangunan memiliki peran penting dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata,” kata Wabup Ridho.

Oleh sebab itu, lanjutnya, musrenbang merupakan tahapan dalam perencanaan pembangunan yang harus dilaksanakan. Untuk itu, jadikan Musrenbang Desa sebagai media aspirasi dalam mewadahi pendapat masyarakat.

“Sehingga dapat menghasilkan skala prioritas pembangunan, agar pembangunan yang akan dilaksanakan tepat sasaran,” ucapnya.

Dia berharap, melalui kegiatan musrenbang dapat mengakomodir kepentingan masyarakat yang paling prioritas. Kemudian diselaraskan dengan rencana pembangunan yang ditetapkan dalam RPJMD.

“Sehingga cita-cita mulia pelaksanaan pembangunan secara kontinyu dapat dicapai dalam upaya mensejahterakan masyarakat Kuningan. Saya berharap musrenbang ini dapat melahirkan usulan program pembangunan yang lebih berkualitas,” tandasnya.

Sehingga nantinya, kata Ridho, setiap anggaran yang dikeluarkan dapat bermanfaat untuk kemakmuran rakyat, khususnya masyarakat desa maupun Kabupaten Kuningan.

“Jadi untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Kuningan, membutuhkan kolaborasi dan dukungan semua pihak. Hal ini perlu dilakukan, agar proses pembangunan berjalan sesuai dengan ketentuan dan terlaksana sesuai visi misi serta program strategis pemerintah daerah,” terangnya.

Sementara Kepala Desa Sindangsari, Taupik Abdullah menambahkan, musrenbang tingkat desa ini dapat dilaksanakanakan dan diikuti dengan baik, agar hasil dari perencanaan pembangunan yang akan ditetapkan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya berharap melalui musrenbang desa kita dapat menentukan arah pembangunan Desa Sindangsari dengan program-program yang berkualitas. Untuk menuju Sindangsari menjadi desa yang maju, mandiri dan sejahtera,” imbuhnya.

Tak lupa, Ia mengucapkan, rasa terima kasih kepada seluruh jajaran perangkat dan masyarakat Desa Sindangsari yang telah turut berpartisipasi dalam setiap program pembangunan. Sebab tanpa adanya dukungan dan partisipasi dari semua pihak, mustahil berbagai pembangunan dapat terwujud. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: