Operasi Zebra Lodaya Fokus Kamseltibcarlantas

Operasi Zebra Lodaya Fokus Kamseltibcarlantas

KUNINGAN - Jajaran Polres Kuningan siap menggelar Operasi Zebra Lodaya 2021 selama dua pekan dimulai Senin (15/11). Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya melalui Kasat Lantas AKP Dadang Supriadi mengatakan, Operasi Zebra Lodaya 2021 masih fokus pada program cipta kondisi menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah Kabupaten Kuningan. Dalam pelaksanaannya mengedepankan tindakan humanis dan meminimalisir penindakan karena pertimbangan masih dalam situasi pandemi Covid-19.

\"Agenda Operasi Zebra ini merupakan program nasional yang akan digelar serentak di seluruh Indonesia. Insya Allah kami dari Polres Kuningan juga akan melaksanakan giat tersebut selama dua pekan yakni mulai hari Senin besok tanggal 15 hingga 28 November,\" ungkap Dadang kepada awak media, kemarin.

Dadang menambahkan, kegiatan Operasi Zebra Lodaya yang masih dalam suasana pandemi Covid-19 menjadikan pelaksanaannya masih fokus pada pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19. Oleh karena itu, lanjut dia, dalam operasi kali ini tidak akan melaksanakan giat razia di jalan melainkan fokus pada penyuluhan tentang keamanan dan ketertiban berlalu lintas dibarengi kegiatan sosialisasi ke masyarakat tentang prokes Covid-19.

\"Kalaupun dalam pelaksanaannya ditemukan pelanggaran lalu lintas yang terlihat kasat mata seperti tidak memakai helm, knalpot bising ataupun kendaraan tidak dilengkapi spion, maka kami hanya akan memberikan teguran saja. Tidak ada tindakan tilang,\" ucap Dadang.

Namun demikian, Dadang mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam berkendaraan. Selalu patuhi rambu lalu lintas, memakai helm yang baik dan benar, melajukan kendaraan sewajarnya dan tidak memodivikasi kendaraan secara berlebihan.

\"Terlebih di masa musim penghujan saat ini, di mana kondisi jalan raya kerap licin dan berbahaya jika kendaraan dilaju kencang. Tetap jaga keselamatan, ingat keluarga di rumah menanti, dengan selalu mematuhi aturan lalu lintas dan jangan lupa jaga prokes karena pandemi Covid-19 belum berakhir,\" paparnya. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: