Gubernur Resmikan Wajah Baru Alun-alun Kuningan

Gubernur Resmikan Wajah Baru Alun-alun Kuningan

KUNINGAN – Gubernur Jawa Barat Dr (HC) H Mochamad Ridwan Kamil ST MUD, telah meresmikan wajah baru Alun-alun/ Taman Kota (Tamkot) Kuningan, Minggu (31/1).

Saat peresmian, gubernur menandainya dengan gunting pita didampingi Ketua Umum Jabar Bergerak Hj Atalia Praratya, Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, Wabup HM Ridho Suganda SH MSi, Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, dan sejumlah pejabat lainnya.

Masyarakat Kuningan menyambut baik peresmian alun-alun kebanggaan tersebut. Terlebih kini ada perluasan jalan yang berada tepat di depan Masjid Syiarul Islam, yang merupakan jalur utara menuju Tamkot.

“Hari Jumat beli bihun dan ikan, di pasar rakyat bersama pasangan. Selamat alun-alun diresmikan, semoga bermanfaat untuk warga Kuningan,” kata Kang Emil –sapaan akrab Gubernur Jabar-, saat berpantun untuk meresmikan alun-alun tersebut.

BACA JUGA:

·  Sejarah Prabu Siliwangi, saat Muda Jadi Raja di Sindangkasih Majalengka

·  Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23, Persebaya Langsung Dikurangi

Kang emil merasa puas karena di area Tamkot tersebut terdapat landmark Kuda yang berdampingan dengan Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan, ditambah lagi terdapat foodcourt untuk masyarakat yang mau kulineran. Nantinya juga, di Jalan Siliwangi Kuningan ini, akan ada penataan jalur pedestrian atau jalur khusus pejalan kaki.       

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH menyampaikan terima kasih kepada gubernur yang telah mewujudkan alun-alun bukan hanya sebatas ruang publik, namun memiliki nilai seni yang membuat betah dan berkesan kepada siapapun yang berkunjung. Sehingga alun-alun ini menjadi bagian dari kebanggaan masyarakat Kuningan.

“Kehadiran wajah baru Alun-alun Kuningan juga akan memfasilitasi warga untuk berekspresi dan media hiburan. Untuk itu, kita semua harus bersama-sama menjaga dan merawatnya,” pesan Acep.

Terpisah, Kepala Dinas Penataan Ruang dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Kuningan HM Ridwan Setiawan SH MH MSi menjelaskan, revitalisasi Alun-alun Kuningan tersebut merupakan program kegiatan dari Bantuan Gubernur tahun 2021. Ia bersyukur karena program kegiatan ini dapat diselesaikan sesuai target dan sudah diresmikan langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

“Alhamdulillah setelah peresmian, Alun-alun atau Taman Kota Kuningan ini bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berekspresi, berkreasi, dalam menunjang Kuningan Maju,” jelasnya.

Untuk diketahui, salah satu fasilitas yang cukup menonjol di Alun-alun Kuningan tersebut, yakni adanya jembatan penyeberangan dengan menghubungkan arah Tamkot ke Masjid Syi’arul Islam. Kini masyarakat bisa menikmatinya, karena jembatan tersebut cukup unik dengan cat cantik warna warni.

Belum lagi di area ini, masyarakat pengunjung dapat menaiki delman yang dilengkapi lampu hias. Tentu saja operasional delman hias dan mobil hias dimulai sore hari hingga sekitar pukul 21.00 WIB malam. Pengunjung bisa berkeliling alun-alun, bahkan bisa lebih jauh mengelilingi pusat kota Kuningan, dengan hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp10-15 ribu saja perorang. (muh/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: