Warga Setianegara Serahkan Trenggiling ke Petugas TNGC

Warga Setianegara Serahkan Trenggiling ke Petugas TNGC

KUNINGAN - Seorang relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) asal Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, menyerahkan seekor satwa trenggiling kepada petugas Polisi Kehutanan (Polhut) Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), belum lama ini.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai Teguh Setiawan mengatakan, penyerahan satwa dilindungi tersebut dilakukan di rumah Djafar, Senin (7/3). Bermula dari adanya laporan yang diterima petugas Polhut dari Djafar melalui pesan singkat WhatsApp tentang keberadaan satwa trenggiling yang didapatnya dari oknum masyarakat saat berada di kawasan Blok Lambosir.

\"Saat itu Pak Djafar sedang memeriksa talang air di daerah Lambosir, bertemu dengan dua orang tidak dikenal membawa karung. Curiga dengan bawaan orang tersebut, Pak Djafar pun menanyakan isi karung tersebut. Namun keduanya mengaku isi karung adalah tunggak pakis, namun Pak Djafar tidak percaya dan saat diperiksa ternyata trenggiling,\" ungkap Teguh kepada RadarKuningan, Selasa (8/3).

Belum sempat Djafar menanyakan perihal trenggiling tersebut, lanjut Teguh, dua orang asing tersebut langsung berlari ketakutan. Atas temuan itu, Djafar pun kemudian membawa pulang karung berisi trenggiling tersebut dan langsung melaporkannya ke petugas Polhut untuk ditindaklanjuti.

BACA JUGA:

\"Langsung oleh Kasatgas Polhut TNGC mendatangi rumah Pak Djafar dan melakukan pemeriksaan. Kini trenggiling tersebut sudah kita amankan dan akan diserahkan ke pihak BKSDA Cirebon. Kita masih menunggu hasil koordinasi apakah akan dibawa oleh BKSDA atau langsung dilepasliarkan di kawasan TNGC,\" ujar Teguh.

Namun demikian, Teguh mengaku belum mempunyai data populasi satwa trenggiling di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Namun yang pasti, kata dia, satwa yang mempunyai nama latin Manis Javanica tersebut merupakan salah satu satwa dilindungi. (fik)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: