Ridwan Kamil Hadiri Harganas di Kabupaten Kuningan

Ridwan Kamil Hadiri Harganas di Kabupaten Kuningan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Bupati Kuningan Acep Purnama menyapa warga masyarakat saat menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat di Pandapa Paramartha, Kuningan, Kamis (28/7).-M Taufik/Radar Kuningan -

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil hadiri Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Kabupaten Kuningan, Kamis 28 Juli 2022.

Dlaam kesempatan tersebut, Kabupaten Kuningan ditunjuk menjadi tuan rumah Harganas tingkat Provinsi Jawa Barat, bertempat di Lapangan Pandapa Paramartha, Kuningan.

Serangkaian acara, ikut memeriahkan puncak peringatan Harganas tersebut, dan berlangsung meriah.

Mengangkat tema “Ayo Cegah Stunting agar Keluarga Jawa Barat Bebas Stunting” tersebut dimeriahkan dengan sejumlah hiburan dan lomba. 

Mulai jalan sehat Colour Walk, sepeda santai, senam sehat hingga pengukuhan Teladan KB, pengukuhan Forum Anak Daerah (FAD) Jawa Barat dan penyerahan penghargaan untuk para juara lomba Kampung KB tingkat Jawa Barat.

BACA JUGA:RCEP Didorong Bantu Pulihkan Ekonomi Global dan Tingkatkan Ketahanan Ekonomi Pasca Pandemi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, stunting memang menjadi persoalan yang erat berkaitan dengan keluarga. 

Sebab, faktor utama penyebab stunting ada di dalam keluarga, yakni faktor pola asuh dan faktor pemberian nutrisi yang mencukupi kepada anak. 

Keberhasilan keluarga dalam mencegah kelahiran anak stunting bahkan dapat membawa Indonesia kepada masa depan yang lebih baik.

“Indonesia kini berada pada urutan ke-16 di dalam G20. Pada tahun 2045, Indonesia digadang-gadang akan berada pada posisi ke-4 dunia," kata Ridwan Kamil.

Disebutkan Ridwan kamil, Indonesia bisa menjadi negara adidaya di 2045 namun syaratnya banyak, tapi satu yang terpenting, tidak boleh di tahun 2045 generasi mudanya jadi beban negara, harus jadi mesin negara. 

BACA JUGA:Direktur Perumda AU Resmi Dilantik Kuasa Pemilik Modal

"Beban negara itu meminta bansos, meminta segala urusan diurus negara, tidak bisa bersaing, ini generasi yang datang dari stunting," ucap Ridwan Kamil.

Jadi kalau stunting tidak diberantas saat-saat sekarang, tambahnya, maka golongan stunting ini di 2045 akan mendominasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: