Guru SMP dan SMA Pelatihan Penanggulangan Bencana, Digembleng PMI Kuningan Selama 2 Hari

Guru SMP dan SMA Pelatihan Penanggulangan Bencana, Digembleng PMI Kuningan Selama 2 Hari

Para guru SMP dan SMA mengikuti pelatihan oleh PMI Kuningan.-Ist-

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN - Guna meningkatkan kesigapan tentang penanggulangan bencana, para guru SMP dan SMA pelatihan selama 2 hari oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kuningan.

Setelah vakum selama kurang lebih dua tahun karena Covid-19, PMI Kabupaten Kuningan kembali mengadakan pelatihan untuk para Pembina PMR Madya (SMP) dan Wira (SMA).

Pelatihan dilaksanakan dengan berkemah di kawasan Vila Kampung Gunung, Desa Gunungkeling, Kecamatan Cigugur, Sabtu-Minggu, 6-7 Agustus 2022.

Para peserta pelatihan yang terdiri dari para guru SMP dan SMA tersebut, antusias mengikuti semua materi.

 

Mulai dari materi kepalangmerahan, donor darah, penanggulangan bencana, sekolah aman bencana dan praktik pertolongan pertama pada kecelakaan. 

Acara pelatihan dibuka langsung Ketua Umum PMI Kabupaten Kuningan, Hj Ika Siti Rahmatika. 

Hj Ika menyampaikan, PMI adalah lembaga kemanusiaan non pemerintah yang selalu bergerak terdepan dalam kegiatan penanganan kebencanaan.

Terutama dalam pelaksanaan tanggap darurat bencana, kesiapsiagaan bencana, pelayanan kesehatan, dan donor darah. 

 

Untuk itu PMI selalu berkoordinasi dengan lembaga lembaga pemerintah seperti dinas kesehatan, dinas pendidikan, Satpol PP, BPBD serta lembaga non pemerintah dan relawan kemanusiaan.

Dengan diadakannya pelatihan kali ini, Hj Ika berharap para guru dapat menambah wawasan dan kapasitas tentang kepalangmerahan. 

"Dari pelatihan ini, para peserta bisa mengembangkan gagasan pengetahuan dan keterampilan yang didapat untuk diaplikasikan dalam mengelola kegiatan PMR di sekolah masing-masing," ungkap Ika. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: