Baru 70 Persen Koperasi di Kuningan Melaksanakan RAT, Sisanya Terancam Dibekukan

Baru 70 Persen Koperasi di Kuningan Melaksanakan RAT, Sisanya Terancam Dibekukan

Tenaga ahli koperasi modern Kuningan, Yayan HDS (paling kanan), foto bersama Asda II Ukas Suharfaputra dan Kadiskopdagperin Uu Kumana, dalam kunjungannya di Kantor Dinas Kopdagperin, kemarin.-Mumuh Muhyiddin/Radar Kuningan-

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN.COM - Koperasi yang ada di Kabupaten KUNINGAN baru 70 persen melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dari total 752 Koperasi.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan Uu Kusmana, tercatat sebanyak 752 koperasi dan 495 yang dinyatakan aktif. 

Namun dalam pelaksanaan RAT untuk tahun 2021, baru tercatat ada 70 persen koperasi yang melaporkan.

Menurut Uu, jika koperasi tidak melakukan RAT selama tiga kali berturut-turut, maka akan dibekukan secara administratif.

BACA JUGA:Praktik Culas Oknum Kades Ciketak, Menjual Gas Subsidi jadi Nonsubsidi

“Indikator penilaian koperasi sehat, salah satunya harus terlaksana RAT. Jika tidak terlaksana RAT tiga kali berturut-turut, maka koperasi tersebut dibekukan secara administrasi,” ujar Uu.

Untuk mencapai perbaikan koperasi, Diskopdagperin Kuningan baru-baru ini menerima kehadiran Tenaga Pendamping Koperasi Modern yang ditugaskan dari Kementerian Koperasi dan UKM. 

Pertemuan Diskopdagperin Kuningan dan Tenaga Pendamping Koperasi Modern dilaksanakan di Jalan Aruji Kartawinata Kuningan, Senin 12 September 2022.

Turut mendamping Kadis Uu, Kabid Koperasi H Nono dan hadir pula Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kuningan Dr Ukas Suharfaputra MT. 

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Satlantas Kuningan, Selasa 13 September 2022, Cek Lokasi

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh kekeluargaan tersebut, tercipta diskusi kecil tentang perkembangan perkoperasian yang ada di Kabupaten Kuningan.

Uu berpesan kepada Tenaga Pendamping Koperasi Modern untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, tidak segan-segan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Diskopdagperin Kabupaten Kuningan. 

Dalam obrolannya, Uu siap sepenuhnya untuk mendukung program tersebut, di mana nantinya koperasi yang telah mendapat pendampingan dapat menjadi role model bagi koperasi lainnya di Kabupaten Kuningan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: