Tiga Pensiunan Birokrat Berjaya di DPRD Kuningan

Tiga Pensiunan Birokrat Berjaya di DPRD Kuningan

Gedung DPRD Kuningan. (Agus Sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Dari 50 Anggota DPRD Kuningan periode 2019-2024, tiga di antaranya pensiunan birokrat. Sebelum purna bakti, jabatan terakhir ketiganya cukup mentereng di pemerintahan daerah yang berbeda. Yakni Toto Hartono, Nunung Sahnuri dan Rusliadi. 

 
Toto mantan Kepala Dishub Kuningan, Nunung adalah mantan Sekda Kabupaten Cirebon dan Rusliadi terakhir menjabat Kepala Dinas Bina Marga Kuningan. Khusus untuk Toto Hartono, sudah tiga periode menjadi wakil rakyat. Bahkan saat banting stir ke dunia politik, Toto dipercaya menjadi Ketua DPC Demokrat Kabupaten Kuningan. 
 
 
Nunung Sanuhri selepas pensiun dari Sekda Kabupaten Cirebon, maju di Pileg 2014 Dapil Kuningan I. Nunung mulus menjadi wakil rakyat di pencalonan pertamanya.
 
"Ya benar Pak Nunung dari Dapil Kuningan I. Dia maju dari PAN di Pileg 2014 lalu. Sekarang adalah periode keduanya sebagai Anggota DPRD Kuningan," ujar Uba Sobari, Ketua DPD PAN Kuningan, Sabtu 15 Oktober 2022.
 
 
Menurut Uba, PAN terus menjaring bakal calon legislatif (bacaleg) potensial untuk parlemen daerah di Pileg 2024. Ada sejumlah nama bacaleg yang mempunyai kemampuan mumpuni dan jaringan luas sedang dalam pendekatan.
 
"Targetnya kursi PAN di DPRD Kuningan kembali naik. Sekarang 5 kursi dan di Pileg nanti bisa menjadi 8 atau 9 kursi," kata Uba.
 
 
Kemudian Rusliadi yang sudah dua periode menjadi anggota dewan. Abah, panggilan akrabnya termasuk salah satu pensiunan birokrat yang bertahan di gedung dewan, kendati saingannya saat itu cukup berat.
 
Dia maju dari PDI Perjuangan Dapil Kuningan II. Kedekatan dengan warga, dan cara komunikasinya yang enak, membuat Abah tak kesulitan mendulang suara.
 
 
Tak heran jika saat ini banyak pensiunan dari berbagai jabatan ikut maju sebagai bacaleg. Bahkan H Lili Suherli yang adik kandung Toto Hartono sudah memegang kendali sebagai Ketua DPC Demokrat menggantikan sang kakak. Lili juga purna bakti dari Kepala DPMPTSP Kuningan dan ikut jejak Toto menjadi politisi. (*)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: