Mau Rotasi, Pejabat Eselon II Harus Uji Kompetensi

Mau Rotasi, Pejabat Eselon II Harus Uji Kompetensi

Sekretaris BKPSDM Dodi Sudiana kemaparkan persiapan uji kompetensi bagi pejabat Eselon II Pemkab Kuningan. (Agus Sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Rotasi di jajaran pejabat Eselon II Pemkab Kuningan,  tinggal selangkah lagi. Kabarnya, perputaran jabatan untuk para kepala satuan perangkat daerah (SKPD) akan dilangsungkan sekitar bulan Februari mendatang. 

Beberapa pos kepala SKPD saat ini dalam keadaan kosong lantaran pejabatnya meninggal dunia dan purna tugas. Yakni Kepala BKPSDM serta Kepala Dinas PUTR, yang sudah pensiun per 1 Januari 2023. Kedua dinas sementara dipegang oleh pejabat pelaksana tugas (Plt). 
 
 
Agar proses rotasi pejabat di Eselon II tersebut lancar dan sesuai dengan kompetensi, sebelumnya para kepala SKPD akan mengikuti uji kompetensi (Ujikom). BKPSDM Kuningan sudah menyiapkan hari dan tempat pelaksanaan uji kompetensi untuk Eselon II.
 
Sekretaris BKPSDM Kuningan, Dodi Sudiana  membenarkan rencana uji kompetensi tersebut. Dodi menjelaskan, kegiatan ujikom ini akan digelar selama tiga hari. Dimulai dari hari Selasa 3 Januari sampai Kamis, 5 Januari 2023. Seluruh kepala SKPD wajib ikut ujikom kecuali Agus Sadeli, Kepala DPMPTSP.
 
 
"Ya, diikuti oleh seluruh kepala SKPD, minus Kepala DPMPTSP. Ini karena beliau akan purna tugas bulan September 2023. Sehingga Pak Agus tidak disertakan dalam uji kompetensi yang akan dimulai hari Selasa," papar Dodi kepada radarkuningan.com, Senin 2 Januari 2023.
 
Dodi yang didampingi Kabid Mutasi dan Bangrir BKPSDM, Saepul Bahri menambahkan, uji kompotensi ini mutlak dilakukan untuk mengetahui kompotensi masing masing kepala SKPD. Untuk tim panelis Ujikom berasal dari akademisi dan perwakilan Pemprov Jawa Barat.
 
 
"Dalam uji kompetensi sekarang ada lima panelis. Semuanya berasal dari luar. Tak ada yang dari lingkungan Pemkab Kuningan. BKPSDM hanya bertugas menyiapkan terlaksananya uji kompetensi saja. Untuk penilaian terhadap peserta, sepenuhnya wewenang tim panelis ujikom," ujar Dodi.
 
Ditanya apakah rotasi dan mutasi di lingkungan Pemkab Kuningan digelar di bulan Februari? baik Dodi maupun Saepul hanya menggelengkan kepala. Keduanya beralasan belum bisa memastikan waktunya karena menunggu hasil uji kompetensi.
 
"Belum ada perintah dari pak bupati untuk membahas rotasi dan mutasi," pungkas Dodi. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: