5 Menu yang Wajib Dicoba saat Makan di RM Saung Gunung Kuningan

5 Menu yang Wajib Dicoba saat Makan di RM Saung Gunung Kuningan

RM Saung Gunung dengan bangunan khas Jawa, Joglo menawarkan aneka menu makanan yang bisa membuat pengunjung ketagihan. (Bubud Sihabudin)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN - Berkunjung ke Kuningan namun bingung mau makan dimana? Datang saja ke Rumah Makan (RM) Saung Gunung. Lokasinya sangat mudah diakses. Berada di pinggir Jalan Raya Kuningan-Cirebon tepatnya di Desa Cibentang, Kramatmulya, Kuningan. 
 
Sesuai namanya, RM Saung Gunung menawarkan panorama keindahan Gunung Ciremai secara utuh. Bamgunan RM Saung Gunung juga sangar khas. Yakni bertema bangunan adat Jawa, Joglo. 
 
Dari tempat ini, sembari menikmati kelezatan menu makanan, pengunjung bisa melihat Gunung Ciremai yang tampak hijau. Jejeran pemukiman penduduk di kaki gunung. Ditambah lagi tiupan angin dari area persawahan yang berada di samping rumah makan.
 
 
Untuk menu makanan yang ditawarkan, jangan ditanya. List menu restoran yang dikelola Sri Haryati, SE terbilang lengkap. "Dibuka sejak Agustus 2022, kami sangat memperhatikan kepuasan pengunjung. Meski mengusung bangunan adat Jawa, menu khas sunda dan masakan Nusantara bisa dipilih penikmat kuliner," jelas Sri kepada radarkuningan.com, Minggu 15 Januari 2023.
 
Sekilas list menu, beberapa masakan menjadi best seller. Antara lain iga bakar, paket nasi liwet, paket timbel, bebek bakar, bebek merah, paket gurame, sop iga, sop buntut. Aneka masakan ayam, ikan, sapi, sayuran, sangat komplit untuk dipilih. Termasuk minuman, terdapat kopi buku, dan aneka jus hingga minuman buah. 
 
 
"Buka setiap hari mulai pukul 09:00 - 21:00 WIB. Untuk weekend buka sampai jam 22:00 WIB. Setiap malam Sabtu dan malam Minggu ada live music, peminat karaoke bisa tampil, by request," ujar Ela.
 
Selain itu, luasnya bangunan Joglo, membuat banyak pihak menilai Saung Gunung layak menjadi destinasi event venue atau penyelenggaraan berbagai acara. Mulai dari acara pernikahan, rapat dan pertemuan  formal, acara santai bareng komunitas, live music dan lain lain.
 
"Kami juga membuka Saung Gunung sebagai tempat penyelenggaraan event, karena dari pengalaman,  mampu menampung hingga 300 pengunjung dalam satu moment," terangnya.
 
 
Kesiapan Saung Gunung untuk penyelenggaraan acara, dibuktikan dengan 30 karyawan, terdiri dari front liner, cooking, waiters, barista dan petugas ahli lainnya.
 
Selain kenyamanan di dalam bangunan Joglo, lokasi outdoor juga disediakan. Tepat di bagian belakang dengan view langsung ke gunung tertinggi Jawa Barat, Ciremai. "InsyaAllah, acara pernikahan putri kami, akan digelar di Saung Gunung". terang Sri.
 
RM saung Gunung terus melengkapi sarana dan fasilitas. Pekan ini, manajemen berencana memperluas area parkir mobil dan motor, berlokasi tepat di sebelah bangunan Joglo. (Bubud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: