Ini 3 Jenderal dan 1 Kolonel Kelahiran Kuningan, Nomor 1 Jabat Panglima Komando Armada II

Ini 3 Jenderal dan 1 Kolonel Kelahiran Kuningan, Nomor 1 Jabat Panglima Komando Armada II

Inilah tiga jenderal dan kolonel kelahiran Kuningam yang berkiprah di TNI. (Istimewa)--

RADARKUNINGAN.COM, KUNINGAN- Banyak orang sukses kelahiran Kabupaten Kuningan di perantauan. Tak hanya berhasil menjadi pengusaha, birokrat, teknorat namun juga di angkatan bersenjata atau TNI.
 
Karir mereka di berbagai matra TNI cukup moncer hingga meraih pangkat kolonel dan jenderal. Bahkan ada yang menjabat Panglima.
 
Saat ini ada beberapa jabatan strategis di TNI yang dijabat jenderal kelahiran Kuningan. Usia kolonel dan jenderal ini beragam.
 
Menariknya, salah satunya adalah putra mantan Bupati Kuningan, almarhum H Arifin Setiamihardja. Sang Kolonel itu sekarang berdinas di Kodam Brawiijaya dengan jabatan strategis.
 
 
Selain di TNI Angkatan Darat, dua jabatan di Angkatan Udara juga dijabat perwira tinggi pituin Kuningan. Yakni Panglima Komando Armada II dan Pa Sahli Tk III Bidang Hubnit Panglima TNI. 
 
Sedangkan di TNI Angkatan Laut juga ada perwira tinggi asal Kuningan dengan jabatan mentereng. Yakni Kepala Staf Gabungan Wilayah Pertahanan II (Kaskogabwilhan II).
 
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut satu perwira menengah dan 3 perwira tinggi kelahiran Kabupaten Kuningan.
 
 
1. Laksamana Muda TNi Maman Firmansyah
Laksamana Muda TNi Maman Firmansyah, kelahiran Kuningan 21 Februari 1967. Panglima tinggi TNI AL yang sejak 31 Januari 2023 menjabat Panglima Komando Armada II. Maman adalah lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1989. 
 
Sebelum ditunjuk jadi Panglima Komando Armada Laut II, Maman menjabat adalah Kepala Staf Gabungan Wilayah Pertahanan II (Kaskogabwilhan II).
 
2. Marsekal Muda TNI Eding Sungkana
Marsekal Muda TNI Eding Sungkana, kelahiran Kuningan 13 Oktober 1966 ini adalah seorang perwira tinggi TNI-AU.  Sejak 21 Januari 2022,  naik pangkat menjadi Marsekal Muda TNI dari sebelumnya Marsekal Pertama.
 
Eding Sungkana dipercaya menduduki jabatan Wadan Kodiklatau. Marsekal Muda TNI Ending Sungkana adalah lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1989. 
 
 
3. Laksamana Muda Yayan Sofiyan
Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan merupakan salah satu perwira tinggi TNI AL  Laksamana Yayan Sofiyan yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Komando Armada (Kaskoarmada), kini menempati jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil).
 
Pria kelahiran Kuningan, 1 September 1970 ini merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 1993. Saat berpangkat Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan pernah mengkomandani KRI Bung Tomo-357 yang akan bertolak ke Lebanon.
 
4. Kolonel (Inf) TNI Teddy Afriyanto Setiamihardja
Kolonel TNI Teddy Afriyanto Setiamihardja adalah putra mantan Bupati Kuningan, Almarhum Arifin Setiamihardja. Kolonel Teddy saat ini menjabat Danrimdan Kodam V Brawijaya. Saat berpangkat Letnan Kolonel, Teddy pernah menjabat Aster Kodam Cendrawasih. 
 
Sebelum menjadi Aster, Kolonel Teddy pernah menjabat Dandim Badung, Provinsi Bali. Kolonel Teddy Afriyanto merupakan alumnus Akademi Militer tahun 1996. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: