Tanggapi Pemaparan Temuan Bawaslu, Ketua KPU Kuningan Beberkan Fakta di Lapangan

Tanggapi Pemaparan Temuan Bawaslu, Ketua KPU Kuningan Beberkan Fakta di Lapangan

Ketua KPU Kuningan, Asep Fauzi memaparkan tanggapan soal temuan Bawaslu terkait tahapan Pemilu 2024. --

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Pernyataan Bawaslu Kuningan yang memaparkan sejumlah temuan pada tahapan Pemilu 2024, ditanggapi Ketua KPU Kuningan, Asep Fauzi.
 
Asfa, panggilan akrabnya mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu yang sudah menginformasikan data hasil Coklit.
 
Hanya saja Asfa mengatakan, situasi di lapangan sebenarnya tidak sedramatis yang dipaparkan Bawaslu.
 
Kendati begitu, Asfa menghaturkan terima kasih kepada Bawaslu yang sudah membantu KPU memberikan informasi soal gambaran umum data hasil Coklit. 
 
 
Dimana sumbernya berasal dari badan adhoc KPU, Pantarlih dan PPS se-Kabupaten Kuningan. "Begini. Perlu diketahui bahwa teman-teman Pantarlih sebanyak 3.592 orang telah bekerja dengan sungguh-sungguh melakukan pencocokan dan penelitian atau Coklit. Dalam rangka memutakhirkan data pemilih yang ada di DP4," ujar Asfa, Rabu 15 Maret 2023. 
 
Dari sana pihaknya sudah mengidentifikasi mana pemilih yang memenuhi syarat dan mana yang tidak. Tentu saja KPU Kuningan juga sudah mengantongi datanya secara komprehensif dan lebih akurat karena tidak hanya angka atau jumlah seperti yang dirilis Bawaslu. 
 
 
"Data kami sudah by name by adress. Memang benar di lapangan ada beberapa kekurangan secara teknis. Tapi semuanya sudah diperbaiki dan sudah selesai. Penanganannya pun sudah diketahui oleh Bawaslu dan Panwascam serta PKD setempat," tegas Asfa kepada radarkuningan.com.
 
Jadi apa yang disarankan Bawaslu sesungguhnya sudah sudah eksekusi sebelum surat saran perbaikan diterima. Hasilnya sudah clear dan siap dieksekusi pada tahapan selanjutnya, yaitu penyusunan daftar pemilih oleh PPS. 
 
 
"Jadi jangan heran jika dalam coklit ada banyak data yang belum clear yang bersumber dari DP4. Karena itulah kenapa dilakukan coklit," jawabnya.
 
Untuk diketahui, kata Asfa, proses Coklit di 3.592 TPS oleh Pantarlih se-Kabupaten Kuningan sudah tuntas 100 persen per tanggal 13 Maret 2023.
 
"Saat ini seluruh Pantarlih dalam proses input laporan hasil Coklit, baik secara manual maupun secara digital ke aplikasi e-Coklit," ungkap Asfa.
 
 
Selanjutnya mulai tanggal 15-29 Maret 2023, PPS di 376 Desa/Kelurahan akan menyusun daftar pemilih. Hasilnya akan disampaikan oleh masing PPS dalam rapat pleno terbuka di desa/kelurahan masing-masing.
 
Dia menambahkan, dalam penyusunan daftar pemilih tersebut ada tiga langkah yang dilakukan PPS. Pertama, mempertahakan pemilih DP4 yang memenuhi syarat, kedua mengeluarkan pemilih DP4 yang tidak memenuhi syarat. "Dan yang ketiga yakni memasukan pemilih non DP4 yang memenuhi syarat," pungkas Asfa. (Agus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: