AMAZING, Ada Dermaga Terapung, Tahun Ini Tepian Waduk Darma Kuningan Bakal Dilengkapi Pasir Putih

AMAZING, Ada Dermaga Terapung, Tahun Ini Tepian Waduk Darma Kuningan Bakal Dilengkapi Pasir Putih

Dermaga terapung di tepi Waduk Darma, Kuningan menjadi lokasi favorit yang paling diburu pengunjuk. (Bubud Sihabudin)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Revitalisasi yang dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terhadap Waduk Darma, mendatangkan berkah. Objek wisata yang dulunya menjadi andalan Perumda Aneka Usaha (PDAU) Kuningan mendulang rupiah, sekarang berubah wajah.
 
Sebuah dermaga terapung di tepi waduk dengan warna yang cerah, menjadi ikon terbaru Waduk Darma. Dari atas dermaga, pengunjung bisa menyaksikan hamparan riak ombak dan pulau di tengah waduk.
 
 
 
Ya, dermaga terapung ini menjadi lokasi favorit pengunjung untuk selfie dan swa foto dengan latar belakang deburan ombak waduk. Sebuah bukit hijau yang berada di seberang semakin menambah keindahan Waduk Darma.
 
Bentuk dermaga kekinian dan menjorok agak ke tengah waduk, dan bisa digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan alam.
 
"Saya datang ke sini (Waduk Darma) karena penasaran setelah liat foto-fotonya di media sosial. Meski saya warga asli Kuningan, tapi saya jarang ke sini. Dulu waktu sekolah pernah sama teman-teman ke Waduk Darma," tutur Ratna, seorang pengunjung asal Kecamatan Ciwaru, Kuningan, Kamis sore 4 Mei 2023.
 
 
 
Ratna terkejut dengan perubahan Waduk Darma. Sebab, kondisinya jauh berbeda dengan dulu ketika dirinya masih sekolah di sebuah SMK di Kuningan.
 
Melihat perubahan pisik Waduk Darma, Ratna yang datang dengan keluarga kecilnya merasa bangga dan puas.
 
"Terakhir ke sini tahun 2017, dan baru ke Waduk Darma lagi sekarang. Saya benar-benar kaget melihat ada dermaga terapungnya. Apalagi banyak bangunan dengan desain futuristik yang enak dipandang mata. Sangat memanjakan," katanya.
 
 
 
Perubahan besar juga dilakukan oleh pemerintah provinsi di area parkir dan bangunan di sekitar waduk. Bangunan baru nan eksotik berdiri di tepian Waduk Darma. Malahan ke depannya, pihak pengelola berencana memasang pasir putih di sisi pantai waduk.
 
Sofyan, Direktur Bumdes Mekarjaya, Desa Jagara, Kecamatan Darma membenarkan rencana penambahan fasilitas untuk pengunjung.
 
Bumdes Mekarjaya yang dipimpinya ditunjuk sebagai mitra dalam pengelolaan objek wisata Waduk Darma oleh PT Jaswita Jabar. 
 
"Wahana pasir putih dan pemasangan lampu estetik di pinggiran waduk untuk dinikmati pengunjung menyaksikan sunset. Kami merencanakan, kedua fasilitas baru ini akan terpasang tahun ini. Jadi kedepan, Waduk Darma akan memiliki pasir putih buatan," sebut Sofyan.
 
 
 
Kendati pengelolaan Waduk Darma kini berada di tangan BUMD milk Pemprov Jawa Barat, PT Jaswita Jabar, namun Pemkab Kuningan juga tidak kehilangan pemasukan daerah. Yakni dari retribusi parkir yang sudah menggunakan sistem plat 24 jam.
 
"Karena pengelolaannya oleh provinsi, maka PAD nya juga disetorkan ke pemprov. Pemkab memperoleh pemasukan dari retribusi parkir," ungkapnya.
 
Sofyan juga memiliki target pemasukan yang cukup besar dari Waduk Darma. Targetnya, dalam setahun kedepan, Bumdes bisa meraup PAD sebesar Rp1,6 milir.
 
 
 
Angka ini dianggap realistis mengingat selama libur lebaran saja dengan durasi 11 hari bisa meraih pendapatan hingga Rp602 juta. 
 
Pihaknya sangat yakin target tersebut bisa tercapai karena dukungan penuh dari masyarakat yang terlibat dalam pengelolaan Waduk Darma. Bumdes juga terus berusaha meningkatkan profesionalisme dalam bekerja.
 
"Terutama menciptakan kawasan wisata yang terjangkau oleh semua kalangan," pungkas Sofyan. 
 
 
 
Akses menuju Waduk Darma terbilang sangat mudah. Ada angkutan umum yang melintasi pinggiran waduk. Lokasi ini memang berada di sisi jalan nasional, Cirebon- Kuningan-Ciamis. Bus jurusan Tasik-Cirebon rutin melintas di ruas jalan ini. Begitu juga Elf jurusan Cikijing-Cirebon yang lalu lalang saban harinya. (Bubud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: