Sering Bikin Macet, Dishub Kuningan Tertibkan Parkir dan Pedagang Kaki Lima di Bahu Jalan Depan RSU Juanda

Sering Bikin Macet, Dishub Kuningan Tertibkan Parkir dan Pedagang Kaki Lima di Bahu Jalan Depan RSU Juanda

Petugas Dishub dibantu Satpol PP dan Polres Kuningan melakukan penertibam parkir dan PKL di depan RSU Juanda, Senin 17 Juli 2023. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jalan Juanda tepatnya di depan RSU Juanda, Kuningan, petugas melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) dan parkir yang menggunakan badan jalan.
 
Penertiban tersebut dilakukan petugas gabungan yang berasal dari Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Polres Kuningan, Senin 17 Juli 2023. Selama proses penertiban, tak ada gejolak.
 
 
Plh Kepala Dishub Kuningan, Beni Prihayatno menerangkan, penertiban parkir dan PKL di depan RSU Juanda dilakukan untuk memperlancar arus lalulintas.
 
Selama ini di lokasi tersebut sering terjadi kemacetan akibat banyaknya kendaraan roda dua yang parkir di badan jalan. Ditambah lagi beberapa pedagang makanan menggunakan gerobak mangkal di sisi jalan.
 
"Kami melakukan penataan parkir dan pedagang di lokasi tersebut karena aktivitaa mereka mengganggu arus lalulintas. Terutama di jam sibuk. Sebelum dilakukan penertiban, kami sudah melakukan pertemuan dengan pemilik rumah sakit, tokoh masyarakat dan juga pelaku usaha di sekitar lokasi. Alhamdulillah semua pihak paham," terang Beni kepada radarkuningan.com.
 
 
Beni mengatakan, untuk menjaga lokasi itu tetap steril dari parkir kendaraan roda dua pengunjung dan PKL pasca penertiban, petugas akan berjaga selama sepekan ke depan.
 
Pihaknya juga akan segera memasang rambu-rambu larangan parkir dan berjualan di tempat tersebut, agar tidak ada lagi yang parkir di badan jalan.
 
Sebenarnya, lanjut Beni, pihak Rumah Sakit Umum Juanda sudah menyediakan area parkir yang berada di depan dan belakang rumah sakit. Tapi entah mengapa pengunjung memilih parkir di bahu jalan, padahal melanggar aturan. 
 
"Kami sudah berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat, Pak Haji Ade Petruk dan juga pengelola rumah sakit untuk kedepannya. Ini supaya badan jalan tam lagi dipakai tempat parkir," kata Beni didampingi Plh Kabid Parkir, Didin Adrian dan Kasi Parkir Dishub Kuningan, Herdiana, Senin 17 Juli 2023.
 
 
Dati pantauan radarkuningan.con, penertiban parkir dan pedagang di tempat itu berlangsung lancar. Petugas gabungan yang berjumlah puluhan melakukan pendekatan persuasif kepada petugas parkir dan juga pengunjung.
 
Hingga sore hari, petugas gabungan mengawasi kawasan tersebut dan arus lalulintas nampak normal.
 
 
Selain di depan RSU Juanda, tambah Beni, Dishub juga berencana menata parkir di depan RSUD 45 Kuningan. Sebab masih banyak pengguna jalan yang memilih parkir di bahu jalan.
 
"Ya kami akan menerapkan langkah serupa agar lalulintas di depan RSUD 45 tidak terganggu. Kami secepatnya berkoordinasi dengan pihak terkait," pungkas Beni. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: