Jalan Suganangan-Ciawigebang Mulai Digarap Kontraktor, Anggaran Rp2,5 Miliar dari Bantuan Provinsi

Jalan Suganangan-Ciawigebang Mulai Digarap Kontraktor, Anggaran Rp2,5 Miliar dari Bantuan Provinsi

Sub Kon Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas PUTR Kuningan saat memantau gelaran rehabilitasi jalan ruas Ciawigebang-Suganangan bersama Kepala UPTD Laboratorium Konstruksi.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Kendati belum ada gelaran paket proyek fisik dari APBD Kuningan, namun beberapa ruas jalan kecamatan atau jalan kabupaten mendapat alokasi anggaran. Sumbernya berasal dari Bantuan Keuangan Provinsi (Bankeu) Jawa Barat yang cukup besar untuk tahun 2023.

Alokasi anggaran terbesar yakni rehabilitasi ruas jalan objek wisata Cigugur-Cisantana sebesar Rp7 miliar. Pada tahap pertama, proses tender ruas jalan ini gagal dilaksanakan lantaran faktor alasan non teknis dan kembali ditenderkan dalam perubahan.

BACA JUGA:Ini 8 Desa di Kuningan yang Kesulitan Air Bersih,. BPBD dan Baznas Kirim Pasokan Air Baku

Sedangkan ruas jalan lainnya yang sedang dikerjakakan yaitu ruas Ciawigebang-Suganangan. Jalan yang diperbaiki sepanjang 2 kilometer dengan biaya Rp2,5 miliar.

Pengerjaan ruas jalan ini dimulai Sabtu 16 September 2023 dimana alat berat diturunkan untuk menuntaskan pekerjaan. 

Proses penggelaran rehabilitasi jalan mendapat perhatian Sub Kon Pemeliharaan Jalan dan Jembatan dan UPTD Laboratorium Kontruksi pada Dinas PUTR Kuningan.

Kehadiran tim dari UPTD Laboratorium bertugas menguji kualitas hotmix menguji hasil patching dan menguji agregat kualitas bahan. 

BACA JUGA:Pengalaman Factory Visit Yamaha, Proses Produksi Hasilkan Produk Berkualitas Unggulan

Budi Haryadi, Sub Kon Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas PUTR Kuningan mengatakan, kerusakan jalan  di  ruas Ciawigebang - Suganangan terdiri dari jalan berlubang atau retakan.

Petugas juga melakukan penambalan aspal atau patching di lokasi tersebut. 

"Bantuan Pemprov Jabar ini berupa rehabilitasi 12 ruas jalan poros kabupaten yang sangat penting dari sisi akses ekonomi dan wisata. Dan yang Ciawigebang-Suganangan ini memasuki pengerjaaan di ruas ke-8 yaitu jalan Ciawigebang menuju Suganangan. Dengan total rehabilitasi 2 kilometer," terang Budi Haryadi, Minggu 17 September 2023.

BACA JUGA:Draf Mutasi Sudah Bocor ke Publik Pemerhati Kebijakan Daerah: Harus Secepatnya Bupati Gelar Revisi

Adapun pekerjaan overlay lapisan acbc dan acwc selebar 4 meter dilakukan pada jalan dengan kondisi rusak. Seperti yang ditemukan di perbatasan Desa Cihaur dengan Desa Mekarjaya. 

"Pekerjaan overlay di perbatasan desa ini dimulai sejak Sabtu pagi. Dengan hadirnya sejumlah  pekerja yang didukung alat berat berupa tandem, tr dan finisher. Insya Allah penerjaannya tidak akan lama lagi selesai atau sesuai jadwal yang sudah ditentukan," sebut Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: