Lahan Milik AS Putra Motor di Kalimanggis Kebakaran, Kepala UPT Damkar Kuningan: Api Diduga dari Puntung Rokok

Lahan Milik AS Putra Motor di Kalimanggis Kebakaran, Kepala UPT Damkar Kuningan: Api Diduga dari Puntung Rokok

Petugas UPT Damkar Dinas Satpol PP Kuningan kembali disibukan oleh peristiwa kebakaran lahan di Desa Kalimanggis Wwtan, Kecamatan Kalimanggis, Kuningan, Selasa malam 19 September 2023 pukul 19.00. --

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Petugas UPT Damkar Dinas Satpol PP Kuningan kembali disibukan oleh peristiwa kebakaran lahan. Kali ini terjadi di Desa Kalimanggis Wetan, Kecamatan Kalimanggis, Kuningan, Jawa Barat, Selasa malam 19 September 2023 sekitar pukul 19.00.

Peristiwa kebakaran ini menghanguskan lahan seluas 2 hektare dari total 15 hektare milik AS Putra Motor. Lahan tersebut adalah kepunyaan H Dudung Dulajid, Owner AS Putra Motor.

BACA JUGA:Serapan Anggaran Instansi Daerah Dibawah 50 Persen, Bupati Kuningan: Tenang, Kegiatan Digelar di Triwulan III

Area lahan yang terbakar tidak jauh berbeda dari lokasi kebakaran yang sebelumnya terjadi.

Haruman, Kasipem Desa Kalimanggis Wetan, Kecamatan Kalimanggis mengatakan, api terlihat menyala dari arah jalan Raya Kojengkang-Cihirup.

Kobaran api semakin membesar karena area lahan cukup kering ditambah tiupan angin lumayan kencang.

Nyala api nampak merembet ke atas mendekati ke pemukiman dan kandang ayam broiler milik AS Putra yang berada tak jauh dari titik kebakaran.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Masa Jabatan Sekda Kuningan Sudah Diperpanjang, Berlaku sampai Februari 2025

"Kejadiannya Selasa malam sekitar pukul 19.00. kebakaran ini dilaporkan ke UPT Damkar Kuningan pukul 19.25. Proses pemadaman dilakukan petugas pukul 20.00WIB sampai 21.20WIB atau sekitar 80 menit," terang Haruman.

Dia menduga, penyebab kebakaran lahan milik AS Putra Motor tersebut akibat ulang orang yang membuang puntung rokok yang dalam kondisi menyala sembarangan. 

"Kemungkinan penyebab kebakaran dari yang membuang puntung rokok sembarang. Puntung rokok yang masih menyala itu kemudian membakar rumput rumput kering di sekitar lahan," tambah Uud, saksi lainnya yang saat itu mau melintas arah ke Kalimanggis. 

Uud mengaku pada pukul 19.25 Melihat ada nyala api di tebing pinggir jalan dan nyala api semakin besar merembet ke bagian atas lahan. Kobaran api semakin mendekati ke permukiman.

BACA JUGA:BPBD Kuningan Tangani Desa Terdampak Kekeringan, Distribusi Air Bersih Terkendala Armada Truk Tangki

"Saksi dan warga lainnya berusaha memadamkan api serta mengatur lalulintas di area dekat lahan yang terbakar. Mereka juga melaporkan kejadian kebakaran lahan tersebut langsung ke kantor UPT Damkar," jelas Kepala UPT Damkar Kuningan, Mh Khadafi, Rabu pagi 20 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: