Penguatan Jaringan Kemitraan Segera Dilaunching Menkop RI, untuk Dorong Eksistensi dan Peran Strategis UMKM

Penguatan Jaringan Kemitraan Segera Dilaunching Menkop RI, untuk Dorong Eksistensi dan Peran Strategis UMKM

Kepala Diskopdagperin Kuningan, U Kusmana masih menyukseskan launching penguatan jaringan kemitraan yang akan dilakukan Menkop dan UKM, dua hari lagi. (Agus Sugiharto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia akan menggelar launching dalam rangka penguatan jaringan kemitraan PLUT-KUMKM.

Acara ini akan menjadi tonggak bersejarah dalam upaya memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:LEGA, Tiga Staf Ahli Bupati Resmi Pindah Kandang, Ini Jabatan Baru Alumni Gedung Putih Setda Kuningan

Puncak acara ini akan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten  Masduki. Acara ini akan digelar selama 3 hari mulai 27 hingga 29 September 2023.

Lokasinya di UPTD PLUT KUMKM Kuningan, Jl Panawuan Kecamatan Cigandamekar. Kuningan, Jawa Barat 

Pusat Layanan Usaha Terpadu - Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT- KUMKM) memiliki peran strategis dalam pengembangan daya saing UMKM di Indonesia.

Mereka bekerja keras untuk meningkatkan kinerja produksi, pemasaran, akses ke pembiayaan, serta pengembangan SDM melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan, teknis, dan manajerial. 

BACA JUGA:Buruh Lepas di Desa Cipicung Kuningan Tak Lagi Punya Rumah, Akibat Tempat Tinggalnya Musnah Terbakar

PLUT-KUMKM juga memiliki peran penting dalam memperkuat kinerja kelembagaan UMKM.

Dalam rangka mengoptimalkan peran PLUT-KUMKM, Kementerian Koperasi dan UKM RI telah menerbitkan Peraturan Menteri Koperasi Nomor 9 Tahun 2023 yang mengatur tentang PLUT-KUMKM. 

Regulasi ini diharapkan akan mendorong optimalisasi layanan PLUT-KUMKM bagi UMKM di seluruh Indonesia.

Selain itu, Deputi Bidang Usaha Mikro dan Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro terus berupaya menjalin sinergi dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk memperluas jaringan PLUT-KUMKM.

BACA JUGA:Siapkan Tim Tampil di Piala Soeratin, 320 Pesepakbola Muda Ikuti Seleksi di Stadion Mashud

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kemandirian UMKM serta meningkatkan kualitas layanan PLUT-KUMKM di daerah-daerah, termasuk di 9 lokasi strategis di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: