Ratusan Ribu Liter Air Bersih Sudah Dikirim ke 8 Desa, BPBD Kuningan Apresiasi Bantuan dari Instansi dan BUMN

Ratusan Ribu Liter Air Bersih Sudah Dikirim ke 8 Desa, BPBD Kuningan Apresiasi Bantuan dari Instansi dan BUMN

Kepala Pelaksana (Kalaks) BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana memantau langsung distribusi air bersih di desa rawan air bersih.--

Penambahan armada tangki ini dimulai tanggal  3 Oktober dan mulai berjalan hingga sekarang. Sebanyak 8 desa di 4 kecamatan yang sudah diberikan bantuan air bersih.

Namun ada satu desa yang menyatakan tidak perlu lagi pengiriman air bersih. Jadi totalnya ada 7 desa di 4 kecamatan. 

Desa-desa itu Desa Cihanjaro, dan Simpayjaya Kecamatan Karangkancana, Desa Tugumulya Kecamatan Darma, Desa Cihaur Kecamatan Ciawigebang.

BACA JUGA:Destinasi Wisata di Kabupaten Kuningan yang Ngangenin, Cocok Berwisata Bersama Keluarga

Kemudian Desa Cimulya, Cileuya, Kananga, Mekarjaya, Kecamatan Cimahi. Untuk Desa Mekarjaya sudah melaporkan dan mengajukan permohonan distribusi air bersih. 

"Permohonan ini disampaikan karena di beberapa desa tersebut sudah mulai kesulitan untuk mendapatkan air baku atau air bersih. Pendistribusian air bersih sudah dilaksanakan tahap 1 dan tahap 2  dan tahap 3 yang sedang dilaksanakan untuk menjangkau 7 desa," sebut Ibe. 

Untuk tahap pertama dan kedua, jumlah total air yang sudah dikirim BPBD Kuningan mencapai 158 ribu liter. 

Selain distribusi air oleh pemerintah daerah melalui BPBD, juga dilaksanakan oleh Polres Kuningan, Kodim 0615 dengan program pipanisasi, BRI, BAZNAS, MDMC. 

BACA JUGA:GEGER Pelajar SMP Jadi Korban Perundungan, Bawa Bukti Visum, Orang Tua Korban Lapor Polres Kuningan

"Serta organisasi masyarakat dan relawan lainnya yang juga banyak berperan serta dalam distribusi air bersih kepada desa atau masyarakat yang membutuhkan," imbuhnya. 

Total di perkirakan sudah sekitar 444 ribu sampai 450 ribu liter air bersih yang sudah distribusikan ke masyarakat.

Malahan berdasarkan laporan dan data di lapangan ada perusahan yang telah mendistribusikan air bersih di Desa Cimulya Jecamatan Cimahi semenjak bulan Agustus sampai dengan hari ini tanggal 5 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Ketua DPRD Kuningan Kesengsem Rencana Tol Kuningan, Minta Pemerintah Pusat Segera Realisasikan Pembangunan

"Perusahaan Charon Pophan telah mendistribusikan kurang lebih 7.000 ribu liter. Tentunya hal ini sangat membantu dan diapresiasi oleh masyarakat desa setempat atas bantuan distribusi air. Atas hal tersebut tentunya di ucapkan dan disampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih," pungkas Ibe. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: