Ratusan Ribu Liter Air Bersih Sudah Dikirim ke 8 Desa, BPBD Kuningan Apresiasi Bantuan dari Instansi dan BUMN

Ratusan Ribu Liter Air Bersih Sudah Dikirim ke 8 Desa, BPBD Kuningan Apresiasi Bantuan dari Instansi dan BUMN

Kepala Pelaksana (Kalaks) BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana memantau langsung distribusi air bersih di desa rawan air bersih.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Dalam rangka siaga darurat kekeringan, kebakaran hutan dan lahan. BPBD Kabupaten Kuningan melaksanakan distribusi air baku atau air bersih ke berapa desa di wilayah Kabupaten Kuningan.  

Tercatat ada sekitar 8 desa di beberapa kecamatan yang diberikan bantuan air bersih. Data ini sesuai dengan permintaan dari desa yang telah melaporkan dan mengajukan permohonan distribusi air bersih. 

BACA JUGA:Cara Yamaha Buktikan Kualitas Produk, Perpanjang Masa Garansi Frame Hingga 5 Tahun dan Pamer Dapur Produksi

Kepala Pelaksana (Kalaks) BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana mengatakan permohonan ini disampaikan karena di beberapa desa tersebut mulai kesulitan untuk mendapatkan air baku atau air bersih.

Dan jumlah desa yang memerlukan air bersih ini datanya dinamis. 

"Walaupun sebetulnya tidak kita harapkan, tapi tidak menutup kemungkinan desa yang memerlukan air bersih ini jumlah nya bertambah," kata Indra Bayu, Jumat 6 Oktober 2023. 

Ibe, panggilan akrabnya menerangkan, pelaksanaan distribusi air bersih dilaksanakan beberapa tahapan.

BACA JUGA:Dua Nama Ini Kandidat Kuat Calon Penjabat Bupati Kuningan, Tapi Bisa Saja Muncul Kuda Hitam

Dimulai dari tanggal 16 September 2023 sampai dengan tanggal 29 September untuk tahap 1 dan tahap 2. 

"Permasalahan kekeringan ini juga menjadi perhatian dari beberapa organisasi masyarakat, relawan dan donatur. Yang secara mandiri juga ikut serta membantu mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan," papar Ibe.

Selanjutnya, berdasarkan prakiraan BMKG, sambung Ibe, musim kemarau ini akan sampai dengan bulan Oktober.

Tentunya hal ini harus menjadi perhatian, terkait potensi kekeringan ke depan, terutama di daerah kecamatan dan desa yang sudah terinventarisir menjadi desa rawan kekurangan air bersih. 

BACA JUGA:Masyarakat Desa Ciniru Kuningan, Pamali dengan Nama Tempat Berakhiran 'uk', Oh Ternyata Ini Alasannya

"Terkait hal tersebut, pemerintah daerah melalui BPBD Kuningan akan melaksanakan penambahan armada mobil tangki. ini untuk lebih mengoptimalkan pelayanan pengiriman air bersih kepada masyarakat yang  membutuhkan," tutur Ibe. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: