Disebut Awal yang Baik, Bandara Kertajati Sudah Terbangkan 17 Ribu Penumpang Sejak Beroperasi

Disebut Awal yang Baik, Bandara Kertajati Sudah Terbangkan 17 Ribu Penumpang Sejak Beroperasi

Jumlah penunpang Bandara Kertajati sejak beroperasi pada 29 Oktober 2023.-Baehaqi-radarkuningan.com

MAJALENGKA, RADARKUNINGAN.COM - Bandara Kertajati sudah terbangkan 17 ribu penumpang sejak beroperasi pada 29 Oktober 2023 

Artinya rata-rata penumpang di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka mencapai 1.300 per harinya.

Sejauh ini, terdapat 3 rute yang menjadi favorit penumpang di Bandara Kertajati yakni, Bali, Medan dan Balikpapan. Sedangkan 4 rute lainnya dioperasikan seminggu 1 atau 2 kali. Keempat rute dimaksud adalah Batam, Banjarmasin, Palembang dan Makassar.

Untuk rute internasional juga masih dioperasikan yakni Bandara Kertajati - Kuala Lumpur dengan frekuensi penerbangan seminggu 4 kali.

BACA JUGA:Jadwal Penerbangan Bandara Kertajati Hari Ini 11 November 2023, Hanya Ada 9, AirAsia Absen Lagi

Direktur Utama PT BIJB (Perseroda) Muhammad Singgih mengatakan, keterisian pesawat dari masing-masing maskapai juga cukup baik yakni di atas 60 persen.

Jumlah penunpang ini, sudah cukup baik untuk Bandara Kertajati yang baru beroperasi kembali. Sehingga ke depan diharapkan terdapat penambahan destinasi baru.

Tentu destinasi baru tersebut didasari pada demand dari penumpan dan maskapai itu sendiri. 

"17 ribu lebih (penumpang yang terbang dari BIJB Kertajati). Ini cukup baik untuk Kertajati. Saya pikir masyarakat sudah mulai menggunakan Kertajati itu secara baik," kata Singgih. 

BACA JUGA:Travel Bandung ke Bandara Kertajati, Banyak Pilihan, Tarif Masih Promo

Ada tujuh rute penerbangan pesawat jet yang pindah dari Bandara Husein ke Kertajati. Tujuh rute itu adalah penerbangan dari dan menuju Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang. 

Maskapai yang melayani penerbangan AirAsia, Super Air Jet, hingga Citilink. Operator bandara menjadwalkan rute beroperasi setiap hari.

Menurut Singgih, rute Kertajati-Denpansar paling banyak diminati. Dalam sehari, ada sebanyak tiga sampai empat kali penerbangan menuju Denpasar. Selain Denpasar, rute menuju Medan dan Balikpapan cukup tinggi. 

"Tiga rute itu termasuk yang favorit. Jadi, saya pikir memang ini rute-rute yang akan berkembang terus, di luar rute-rute yang ada juga nanti kita lihat permintaan dari penumpang," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: