Nostalgia 'Husein Sastranegara', Bandara Kertajati Bidik Penerbangan ke Singapura

Nostalgia 'Husein Sastranegara', Bandara Kertajati Bidik Penerbangan ke Singapura

Bandara Kertajati membidik penerbangan ke Singapura.-Angkasa Pura II-radarkuningan.com

Majalengka, RADARKUNINGAN.COM - Ada aspek historis dan nostalgia dalam rencana rute baru penerbangan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka yakni, Singapura.

Manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati membidik rute penerbangan internasional tersebut.

Salah satunya karena faktor historis di Bandara Husein Sastranegara (BDO) yang pernah melayani penerbangan Bandung - Singapura.

Untuk mewujudkan rute penerbangan baru tersebut, manajemen Bandara Kertajati telah berkomunikasi dengan sejumlah maskapai.

BACA JUGA:Bandara Kertajati akan Buka Rute Penerbangan Baru ke Singapura, Ekspansi Angkutan Darat ke Brebes - Pekalongan

Salah satunya dengan AirAsia. Sebab, penerbangan Bandung - Singapura dulu dilayani oleh maskapai tersebut.

Vice President Komersial PT BIJB Perseroda, Ari Widodo mengungkapkan, ada beberapa maskapai yang telah diajak berkomunikasi untuk membuka rute penerbangan baru ini.

Namun, sampai dengan saat ini, masih dalam tahap negosiasi dan penjajakan. Termasuk melihat bagaimana potensi penumpang untuk relasi penerbangan internasional tersebut.

Salah satu kendala untuk membuka rute baru, saat ini maskapai sedang terkendala dengan jumlah pesawat yang terbatas.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Hari Ini, Operasikan 13 Penerbangan, 4 Rute Ini Favorit

Kondisi ini tidak lepas dari dampak pandemi covid-19 yang membuat banyak pesawat dikandangkan. Dari aspek historis, Ari mengungkapkan bahwa penerbangan Bandung - Singapura pada waktu itu selalu penuh.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar rute penerbangan ini juga bisa dibuka di Bandara Kertajati dan menambah jumlah rute internasional.

Bandara Kertajati saat ini baru melayani rute penerbangan domestik dengan tujuan ke Batam, Banjarmasin, Balikpapan, Medan, Denpasar, Palembang dan Makassar.

Selain itu, terdapat rute internasional yakni Bandara Kertajati - Kuala Lumpur, Malaysia. Rute ini cukup berhasil setelah pertama kali dibuka pada Mei 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: