Bandara Kertajati Makin Menggeliat, Cirebon Raya Bisa Jadi Pusat Pariwisata Jawa Barat, Benny Bachtiar Yakin

Bandara Kertajati Makin Menggeliat, Cirebon Raya Bisa Jadi Pusat Pariwisata Jawa Barat, Benny Bachtiar Yakin

Pariwisata Cirebon Raya diharapkan dapat menggeliat dengan adanya penerbangan di Bandara Kertajati. Foto snorkeling di Pulau Biawak, Indramayu.-Disparbud Jabar-radarkuningan.com

Bandung, RADARKUNINGAN.COM - Wilayah Ciayumajakuning atau Cirebon Raya bisa menjadi pusat tujuan wisata, karena keberadaan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati telah beroperasi sejak 29 Oktober 2023 dan melayani penerbangan niaga berjadwal dalam negeri maupun internasional.

Adanya pintu gerbang baru dari jalur udara ini, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata Cirebon Raya atau yang dikenal dengan nama Ciayumajakuning.

Wilayah Ciayumajakuning terdiri dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan.

BACA JUGA:Jadwal Penerbangan Bandara Kertajati Hari Ini, Bali Paling Favorit, Cek Rute Lainnya di Sini

Aglomerasi ini, memiliki potensi wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata kuliner dengan masing-masing keunikan dan ciri khasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar), Benny Bachtiar mengungkapkan, masing-masing wilayah di Cirebon Raya memiliki destinasi wisata yang berbeda-beda.

Misalnya Kabupaten Kuningan dan Majalengka dengan wisata alam, kemudian Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Indramayu dengan wisata sejarah, kuliner dan budaya.

"Cirebon Raya mempunyai potensi wisata yang tidak kalah dengan Bali," kata Benny Bachtiar dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

BACA JUGA:Biar Vespa Primavera Melaju Mulus saat Melintasi Lereng Gunung Ciremai, Gunakan Roller 9 Gram

Bahkan, kata Benny, wisata Cirebon Raya sebenarnya tidak kalah dengan Bali. Tinggal bagaimana mempromosikan dan mengemas objek wisata yang ada.

"Artinya ada peluang buat Cirebon Raya untuk bisa menampilkan potensinya baik pariwisata maupun budaya," kata Benny Bachtiar.

Benny yang mempopulerkan rebranding wisata Cirebon Raya untuk wilayah Ciayumajakuning mengungkapkan, kawasan ini terbilang komplit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: