Mengetahui Berapa Biaya Sterilisasi Kucing, Yuk Nabung untuk Anabul Kesayangan

Mengetahui Berapa Biaya Sterilisasi Kucing, Yuk Nabung untuk Anabul Kesayangan

Biaya sterilisasi kucing jantan maupun betina. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Mengambil langkah sterilisasi kucing merupakan tindakan preventif yang dapat dilakukan oleh pemilik kucing guna menunjang kesehatan kucing mereka kedepannya. 

Prosedur medis sterilisasi ini memberikan banyak manfaat untuk kucing yang menjadi hewan peliharaan maupun hidup di sekitar rumah. 

Sterilisasi yang dilakukan pada kucing jantan disebut Kastrasi, untuk yang diterapkan pada kucing betina adalah ovariohisterektomi.

Proses sterilisasi kucing melibatkan pengangkatan organ reproduksi, seperti pada kucing jantan, berarti pengangkatan testis, sementara pada kucing betina, ovarium dan rahimnya diangkat.

BACA JUGA:5 Tanaman Hias Tahan Panas untuk Mempercantik Area Depan Rumah Anda

Sterilisasi ini juga harus dilakukan oleh dokter hewan yang memiliki lisensi berpengalaman. Selain menghindari reproduksi yang berlebihan, sterilisasi juga memberikan kontribusi dalam menangani isu populasi kucing yang tidak terkendali.

Sterilisasi kucing memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi kesejahteraan kucing dan pemiliknya. 

1. Tindakan sterilisasi ini mengurangi risiko terjadinya kehamilan, dan mengurangi risiko komplikasi yang mungkin terjadi selama proses melahirkan.

2. Sterilisasi mengurangi perkelahian antara kucing jantan, mengurangi risiko cedera seperti gigitan dan luka.

BACA JUGA:4 Tanaman Hias yang Cocok untuk Mempercantik Bagian Depan Rumah, Bisa Membawa Keberuntungan

3. Menghilangkan risiko infeksi rahim pada kucing betina, mencegah kondisi serius yang dapat membahayakan kucing tersebut.

4. Membantu mencegah penyakit, seperti kanker serviks, kanker ovarium, dan kanker testis, serta menghambat penyebaran penyakit menular seksual. 

5. Meningkatkan kesehatan dan masa hidup kucing dengan mengurangi keinginan mereka untuk berada di luar rumah.

Namun, sebelum dilakukannya sterilisasi pada kucing, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh kucing, antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: