Keren! Desa Kaduela Kuningan Juara 2 Nasional Lomba Desa Wisata, 11 Ribu Turis Datang Tiap Bulan

Keren! Desa Kaduela Kuningan Juara 2 Nasional Lomba Desa Wisata, 11 Ribu Turis Datang Tiap Bulan

Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan menjadi juara 2 lomba desa wisata nasional. -Pemkab Kuningan-radarkuningan.com

Kuningan, RADARKUNINGAN.COM - Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan menjadi juara 2 Lomba Desa Wisata Nasional. 

Kemampuan memaksimalkan potensi wisata yang ada di desa, menjadikan Desa Kaduela sebagai juara. Apalagi, objek wisata yang ada di desa ini berhasil dikemas menjadi sangat menarik. 

Tidak kurang dari 11 ribu turis berkunjung setiap bulan. Hal tersebut menjadi bukti bahwa pariwisata bisa menjadi andalan.

Atas pencapaiannya, Desa Kaduela resmi diganjar penghargaan desa wisata terbaik ke-2 Nasional untuk kategori Desa Maju/Mandiri dalam ajang Lomba desa wisata Nusantara 2023.

BACA JUGA:Mengetahui Berapa Biaya Sterilisasi Kucing, Yuk Nabung untuk Anabul Kesayangan

Optimalisasi desa wisata juga didukung dengan pengembangan badan usaha milik desa atau BUMDes Arya Kamuning. Sehingga bisa menghasilkan pendapatan dan membuka lapangan kerja. 

Ketua BUMDes Arya Kamuning, Iim Ibrahim menjelaskan, badan usaha ini telah menyumbang pendapatan asli desa hingga 500 juta di tahun 2022.

Dengan pengembangan objek wisata yang ada, diharapkan pendapatan asli desa bisa terus ditingkatkan dan membuka lapangan pekerjaan lebih luas lagi.

"Kami (Desa Kaduela) berhasil menjadi juara kedua di ajang tersebut dan ini memotivasi kami agar menjadi lebih baik lagi ke depannya,” kata Iim dilansir dari siaran pers Pemkab Kuningan, Minggu, 26, November 2023.

BACA JUGA:5 Tanaman Hias Tahan Panas untuk Mempercantik Area Depan Rumah Anda

Ia menyebut prestasi tingkat nasional itu berhasil diraih berkat pengelolaan objek wisata di Desa Kaduela yang berjalan baik dan dikembangkan secara mandiri, sehingga mampu mendatangkan wisatawan sebanyak 11 ribu turis setiap bulan.

"Konsep pengembangan desa wisata di Kaduela dikelola secara mandiri dan melibatkan pemberdayaan masyarakat setempat sebagai kunci keberhasilan,” ujar Iim.

Menurutnya, di Desa Kaduela terdapat dua destinasi favorit yang menjadi andalan untuk menggaet wisatawan dari berbagai daerah hingga mancanegara.

Dua destinasi itu, yakni Telaga Biru Cicerem dengan kondisi air danau yang jernih dan Kolam Renang Side Land.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: