Letusan Gunung Merapi 1961, Lahirkan Model Transmigrasi Bedol Desa, Muncul Kampung Jawa di Tanah Sumatera

Letusan Gunung Merapi 1961, Lahirkan Model Transmigrasi Bedol Desa, Muncul Kampung Jawa di Tanah Sumatera

Letusan Gunung Merapi tahun 1961 turut menjadi tonggak transmigrasi bedol desa.-Dokumen PVMG-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ternyata erupsi Gunung Merapi tahun 1961 banyak mempengaruhi kehidupan di segala bidang. Di antaranya melahirkan model transmigrasi bedol desa.

Dari model transmigrasi ini, melahirkan banyak Kampung Jawa di tanah seberang. Paling banyak di Pulau Sumatera, terutama Provinsi Lampung.

Yang dimaksud Kampung Jawa di sini adalah perkampungan masyarakat dari Pulau Jawa. Paling banyak dari Jawa Tengah, Jogjakarta dan Jawa Timur.

Tapi tak sedikit pula yang dari Jawa Barat. Banyak nama perkampungan Jawa Barat di Sumatera. Bedanya, yang dari Jawa Barat bukan akibat erupsi, tetapi karena bencana alam lainnya.

BACA JUGA:Lereng Merapi Bisa Hasilkan Rp 33 Triliun per Tahun, Bisa Jadi Tempat Belajar bagi Warga Kaki Gunung Ciremai

Bahkan, dari Bali pun juga mengikuti model transmigrasi ini. Ketika Pulau Dewata tersebut dilanda erupsi Gunung Agung, warganya pun bedol desa ke Pulau Sumatera.

Yang dimaksud dengan transmigrasi bedol deso atau bedol desa adalah pemindahan penduduk yang meliputi seluruh penduduk desa beserta pejabat-pejabat pemerintah desa ke daerah transmigrasi. Mereka ditempatkan dari satu tujuan daerah transmigrasi yang sama.

Misalnya akibat erupsi Gunung Merapi tahun 1961, mayoritas warga Dukuh Patuk, Kecamatan Turi Kabupaten Sleman, Jogjakarta, ditransmigrasikan ke Lampung dan Bengkulu. 

Di Lampung tujuannya di lahan baru. Sekarang bernama Desa Fajar Mataram Kecamatan Seputih Mataram, Lampung Tengah. Desa ini lebih dikenal dengan sebutan Merapi.

BACA JUGA:Derita Berantai Korban Gunung Merapi 1961, Tewas 5 Orang, di Tanah Sebarang, 29 Meninggal Akibat Malaria

Sisanya ada yang dipindah ke salah satu desa di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Desa di sana juga dikenal dengan sebutan Merapi.

Yang dari Jawa Barat ada juga transmigrasi Bedol Deso. Mereka berasal dari Kecamatan Sumberjaya dan sekitarnya. Kecamatan ini masuk wilayah Kabupaten Majalengka.

Mereka ditransmigrasikan ke Provinsi Lampung. Menempati wilayah pegunungan Bukit Barisan. Daerah ini sekarang bernama Kecamatan Sumberjaya. Masuk wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Begitu pula yang dari Provinsi Bali yang ditransmigrasikan ke Lampung. Mereka sebagain besar menempati beberapa desa di Lampung Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: